P. Raya

Infrastruktur Kota Palangka Raya Rentan Terdampak Banjir: Pentingnya Pemantauan dan Perbaikan

Palangka Raya -  Meningkatnya kasus bencana banjir yang terjadi di Kota Palngka Raya akhir akhir ini , mau tidak mau akan berdampak pada infrastruktur di Kota Palangka Raya. Dalam sepekan terakhir, banjir telah menerjang kota ini, memunculkan kekhawatiran akan dampak yang lebih luas. Kota ini telah seringkali menjadi korban banjir dan cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir, yang tidak hanya menyebabkan kerugian material tetapi juga kerugian moral pada masyarakatnya.

Anna Agustina Elsye selaku Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, menyoroti dampak seringnya bencana banjir terhadap infrastruktur kota. Jalan, jembatan, jaringan listrik, saluran drainase, pasokan air bersih, permukiman, kantor pemerintah, fasilitas umum, sekolah, dan banyak lagi, semuanya bisa terkena dampaknya.

Menurut Anna, kerusakan infrastruktur seperti ini dapat mengganggu perekonomian, mengurangi pendapatan daerah, dan bahkan menyebabkan masalah sosial yang lebih luas, seperti kemiskinan, putus sekolah, dan meningkatnya tingkat kriminalitas yang tinggi.

Ia mengatakan pada Kamis 02/02/2023,“Pemantauan terhadap kerusakan infrastruktur akibat bencana sangat penting, agar perekonomian dapat pulih, dan aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan normal," ujarnya.

Ia menekankan pentingnya pemantauan berkelanjutan terhadap infrastruktur yang telah dibangun dan yang mungkin terkena dampak banjir. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa investasi dalam pembangunan infrastruktur tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments