P. Raya

Inovasi Media Digital Promosi Para Pelaku UMKM

PALANGKA RAYA - Acara Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Tengah, kegiatan dilaksanakan di Hotel Western Bestern Batang Garing, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Selasa (03/10/2023).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Sri Windanarni dan sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Di Kalimantan Tengah, UMKM berkontribusi sebesar 57,2 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Oleh karena itu, pengembangan UMKM menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

"Salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM adalah dengan memanfaatkan media dan digitalisasi. Media dan digitalisasi dapat digunakan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha," ucap Sri.

Sesuai dengan Tema yang diusung pada RAKERDA IWAPI kali ini yaitu “Pengembangan, Pemanfaatan Media dan Digitalisasi Sektor Usaha Anggota IWAPI Kalimantan Tengah untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah” pihaknya mengapresiasi IWAPI Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menginisiasi acara ini. Ia berharap acara ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media dan digitalisasi.

"Kepada para pelaku UMKM, saya mengajak untuk terus meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan media dan digitalisasi. Dengan memanfaatkan media dan digitalisasi, para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha,"Jelasnya.

Lebih lanjut Sri Windanarni menyampaikan dengan kerja keras dan sinergi dari semua pihak, UMKM di Kalimantan Tengah dapat terus berkembang dan menjadi penggerak perekonomian daerah.

Pengusaha-pengusaha harus pandai membaca peluang dan momentum, sekarang saatnya para pengusaha bangkit ikut serta dalam pemulihan ekonomi dan menciptakan pengusaha-pengusaha baru.

IWAPI harus menjalankan perannya sebagai laboratrium kader untuk meningkatkan pengembangan wirausaha, terutama bagi kaum perempuan. Sehingga IWAPI Kalimantan Tengah dapat menjadi inspirasi kebangkitan wirausaha di Kalimantan Tengah.

“Saya juga berharap kepada IWAPI Kalimantan Tengah agar dapat bersinergi dengan berbagai stakeholders, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk membangun daerah yang sama-sama kita banggakan, Menuju Kalteng Makin BERAKHLAK,” tutupnya.

Kegiatan di hadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Ketua Pembina IWAPI Ivo Sugianto Sabran, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sri Windanarni, Unsur Forkopimda, Wakil Ketua Umum I DPP IWAPI, Tatyana S. Sutara, Ketua DPD IWAPI Provinsi Kalteng, Hj. Asty Rizky Badjuri, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalteng Otto Fitriandy, Ketua KADIN Daerah Provinsi  Kalteng , Peserta Musyawarah, dan Dewan Pengurus Cabang Teladan Kapuas. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments