P. Raya

Isra Miraj Tentang Perjalanan Nabi Muhammad SAW Dan Mendekatkan Diri Kepada Allah 

PALANGKA RAYA - Aruh Ganal Haul Ke 19 Guru Sekumpul Dan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw 1445 H dan Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa bersama Tuan Guru H. Sadudin Salman yang merupakan Imam Mushalla Ar Raudah, Sekumpul-Martapura, bertempat di Masjid Agung Kubah kecubung Darurrahman, Palangka Raya, Jumat malam  (9/2/2024).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Sekda H. Nuryakin, menyampaikan Isra' Mi'raj menjadi sebuah momentum bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan mendirikan shalat, dan membangun kehidupan bermasyarakat yang baik, serta kehidupan bermartabat dan penuh etika. Isra' Mi'raj tidak hanya merupakan bagian dari transformasi spiritual, tetapi juga transformasi sosial.

Transformasi spiritual mengajarkan kita semua untuk senantiasa taat, tunduk, dan patuh kepada apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah SWT. Dan transformasi sosial, mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan, dari kesalahan menuju kesalehan, dari jalan gelap menuju terang, dan dari keterbelakangan menuju kemajuan.

Esensi peringatan Isra' Mi'raj adalah mendorong kita untuk terus membangun dan mengembangkan peradaban Islam. Peradaban Islam yang mengedepankan perdamaian, keadilan, keseimbangan, toleransi, dan persamaan. Dimana semua itu bertumpu pada konsep Rahmatan lil Alamin, Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam.

Esensi Isra' Mi'raj juga mendorong kita untuk meningkatkan solidaritas umat dalam menjaga dan memelihara harmoni dalam kehidupan. Kehidupan yang inklusif dan tidak eksklusif, kehidupan yang harmonis dan serasi dalam sebuah bangsa yang majemuk.

Kita semua berharap dan berdoa, semoga peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini dapat mempertebal keyakinan kita kepada Allah SWT, meyakini kebenaran atas risalah kenabian Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta.

Pada momentum baik tersebut, juga diselenggarakan Haul, sebagai peringatan atas wafatnya Abah Guru Sekumpul ke 19. Oleh karena itu mari kita bersama mendoakan, mengingat, mempelajari, dan meneladani perilaku baik beliau yang mempunyai peran besar, khususnya dalam penyebaran risalah Islamiyah.

Diakhir sambutannya Sekda mengajak kita semua untuk dapat berpartisipasi aktif menyukseskan Pesta Demokrasi ini agar berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang amanah dan membawa keberkahan untuk Masyarakat Kalimantan Tengah serta untuk mewujudkan daerah yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur.

Kegiatan di hadiri oleh, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi, Pj. Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala Perangkat Daerah Provinsi  Kalteng terkait, Ketua MUI Kalteng H. Khairil Anwar, Ketua Yayasan Masjid Kubah Kecubung KH Zainal Arifin, Ketua Tanfiziyah PCNU H. M. Syahrun serta Alim Ulama, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments