P. Raya

Kabut Asap Di Kotim Mengundang Keprihatinan Kalangan Dewan

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kalimantan Tengah (Kalteng) Yohannes Freddy Ering, prihatin terhadap kondisi kabut asap yang semakin tebal di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Dampak dari kabut asap yang tebal tersebut, hingga mengganggu jarak pandang masyarakat yang hanya 10 meter saja, selain itu juga kualitas udara di Kotim saat ini juga dinyatakan berbahaya dalam aplikasi ISPUnet KLHK.

"Kami sangat prihatin melihat kondisi kabut asap yang semakin parah di Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini berdampak buruk pada kesehatan masyarakat dan lingkungan kita," Katanya, Senin, 2 Oktober 2023.

Lebih lanjut legislator asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan telah menjadi masalah kronis di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah, termasuk Kotim.

Selain mengancam kesehatan, kabut asap juga merusak ekosistem dan mata pencaharian masyarakat. Maka dari itu dirinya menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, instansi terkait, serta masyarakat dalam upaya mengatasi permasalahan kabut asap ini. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments