P. Raya

Kalteng Rebut Juara Umum Putri Citra Indonesia Tahun 2022

PALANGKA RAYA - Setelah puluhan tahun belum pernah menyabet gelar Juara Umum dalam  lomba Putri Citra Indonesia, akhirnya Kalimantan Tengah berhasil raih Juara Umum dalam ajang Pemilihan Putri Citra Indonesia ke 36 Tahun 2022 di Jogyakarta.

Kedatangan peserta Putri Citra Indonesia disambut meriah oleh  masyarakat Palangka Raya. Hadir juga Kabid Kesenian Dinas Pariwisata Kalteng, KSBN Kota Palangka raya, ASITA palangka raya dan perwakilan DAD Kalimantan Tengah, management Yayasan Argadia, serta semua pihak yang ikut mendukung dan bangga atas kemenangan Putri Citra Indonesia dari Kalimantan Tengah 2022 ini, Jumat (1/5/2022)

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah melalui Kepala Bidang Kesenian Tradisi dan Warisan Sussy Asty,S.Pd, mengucapkan selamat dan sukses kepada semua pihak atas keberhasilan Putri Citra Kalteng merebut Juara Umum, dan ikut berbangga hati karena mengharumkan nama Kalimantan Tengah di kancah Nasional, dengan ikut memperkenalkan destinasi wisata di Kalimantan Tengah dan berharap ke depannya untuk semua generasi muda bisa mencintai budayanya.

Adapun para peserta dari Kalimantan Tengah yang merebut Juara dalam berbagai kategori adalah, Gloria Esteriana sebagai Juara Umum kategori Dewasa, Sri Karyani juara ke -5 Putri Kebaya Kategori, dan Eksaprilia Juara Berbakat kategori Remaja, sedangkan Arisa Meka juara ke 4 dan juara 3 Batik Nusantara  kategori Anak.

Menurut Umi Yenni dari Yenni Management, persiapan yang matang hanya 2 minggu setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Berharap ke depannya pemerintah bisa lebih mendukung kegiatan seperti ini. Ajang pemilihan Putri Citra Indonesia ke 36 Tahun 2022 di Jogyakarta, berlangsung dari tanggal 27 - 29 tahun 2022, diikuti oleh 19 provinsi dari seluruh Indonesia.

Kegiatan Putri Citra Tahun 2022 ini, di bawah naungan Yayasan Argadia Citra Provinsi Kalimantan Tengah yang di ketua oleh ibu Ester Sabarin Lampe serta didukung oleh Gubernur Kalteng, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Ketua KSBN dan ASITA Kota Palangka Raya, serta UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah.

Putri Citra Kalimantan Tengah Gloria Esteriana yang juga seorang mahasiswi UPR ini, di latih dan dibimbing oleh Yenni Management dan Sanggar Tari Balanga Tingang, yang selama proses pelatihan dilaksanakan di UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah.

(Altius Utama)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments