Kalteng

Kapolres Katingan Ingatkan Warga & PBS Hadapi Musim Kemarau

Kasongan - Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo mengingatkan kepada lapisan masyarakat dan juga perusahaan besar swasta atau PBS di wilayah hukumnya  agar tidak membakar hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini.

Pesan ini disampaikan Kapolres Sonny usai megikuti apel gelar sarpras di halaman kantor bupati, Kamis, 12 Agustus 2021.

"Kita kan sudah ada aturannya terkait dengan Undang-Undang Kehutanan, itu pada prinsipnya, dan kita mengimbau kepada masyarakat tolong agar setidaknya atau semaksimal mungkin jangan membuka lahan dengan cara membakar," ujar Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo.
Pasalnya, kata Kapolres mayoritas wilayah di Kabupaten Katingan didominasi oleh hutan.

"Ini yang nantinya akan merugikan kita semua manakala kemudian kebakaran itu terjadi dan kondisinya sudah besar nah ini akan merepotkan kita semua seluruh masyarakat,". 

Kapolres mengatakan untuk mencegah karhutla sejauh ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat.

Namun jika  memang hal itu dirasa belum memberikan efek jera atau belum dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat, tentu pihaknya nanti akan melakukan tindakan tegas.

Saat ini, sebut Kapolres mulai dari polsek dan juga polres setiap saat bisa memantau titik api dari satelit.

Jika memang ada titik panas atau hotspot, maka akan dapat terpantau, dan hal itu yang perlu diantisipasi.

Semenyara untuk perusahaan, Kapolres mengatakan bahwa mereka sudah ada tanggung jawabnya untuk pengamanan karhutla ini.

"Manakala kemudian hal tersebut merupakan kelalaian mereka, ini nanti tentunya akan berurusan dengan masalah aturan, aturan itu ada sanksinya dan pasti nanti kita akan lakukan upaya sesuai dengan aturan yang berlaku," imbuh Kapolres Katingan AKBP Sonny

 


(Didit)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments