P. Raya

Kaspinor Mendukung Pentas Seni Budaya Sejarah Pahlawan Panglima Utar

 

PALANGKA RAYA - PJ. Bupati Sukamara Kaspinoor Menghadiri kegiatan sendratari pagelaran seni budaya dengan mengangkat cerita "Panglima Utar Amuk Banua Kumai." Yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Melalui UPT Taman Budaya.

Kaspinoor mengatakan dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi pagelaran seni budaya, yang mampu mengekspresikan sejarah perjuangan bangsa, apalagi di daerah pelosok pelosok  di daerah hulu sungai suku Dayak.

Banyak masyarakat yang belum tahu tentang sejarah cerita daerah yang ada di Kalteng, Ucap Kaspinor, di taman Panggung Theater Terbuka UPT Taman Budaya, Jl Temanggung Tilung XIII, Sabtu Malam (2/12/2023).

Ini menjadi inspirasi  Karena tidak semua generasi muda yang mampu mengekspresikan sejarah perjuangan bangsa apalagi di daerah pelosok Kumai  termasuk daerah pelosok Kalimantan.

"Tapi memang  Kumai sendiri memiliki sejarah yang sudah lama yang sering di ceritakan dan  sekarang suatu pagelaran pentas seni budaya , cerita pahlawan yang melegenda yaitu Panglima Utar yang dan sekarang menjadi suatu cerita pahlawan nasional,"Ucap Kaspinor.

Kaspinor sendiri kelahiran asli orang Kumai Kotawaringin Barat. Kaspinor akan mendukung dan akan mengadakan even even cerita sejarah pahlawan dan budaya yang ada di Kalteng dengab menggandeng dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi Kalteng serta instansi terkait dan budayawan.

"Ke depan nantinyan cikal bakal generasi muda yang akan memperluas Cakrawala kita tentang sejarah Nasional dan budaya kita di Kalteng." "Jelasnya. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments