P. Raya

Kasrem 102/Pjg Menghadiri Pembukaan Bimtek Keluarga Berinterigasi

PALANGKA RAYA - Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas. dilaksanakan di Ballroom Hotel Swissbell Danum Jl. Tjilik Riwut Km 5 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Jumat (4/8/2023) yang mengangkat tema "Hidup dalam Kerukunan Membangun Keluarga yang Baik, serta Ikut Membangun Bangsa dan Negara." Brigjen TNI Bayu Permana Komandan Korem (Danrem) 102 /Pjg  tidak bisa hadir  dan di wakili oleh  Kepala Staf Korem (Kasrem) 102/Pjg Kolonel Inf Ulysses Sondang, S.I.P.,M.Hum.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana. Dalam sambutannya Wawan mengatakan tugas-tugas KPK ada enam mulai dari tindakan-tindakan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi, upaya berkoordinasi dengan instansi pemberantasan korupsi dan pelayanan publik, memonitoring terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara, supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi serta eksekusi.

Untuk menjalankan enam tugas tersebut, KPK melakukan pergerakan melalui pendekatan pendidikan antikorupsi atau biasa dikenal dengan pendekatan preventif dilakukan untuk meniadakan itikad atau keinginan untuk melakukan korupsi, melalui perbaikan sistem atau perbaikan kebijakan yang disebut juga pendekatan preventif dan melalui penindakan dengan melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan atau dikenal dengan istilah represif yang menimbulkan efek jera sehingga orang takut untuk melakukan korupsi, Ucap Wawan."

Dalam Kesempatan yang sama  Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan suatu bentuk upaya nyata dan sinergisitas yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalteng dengan KPK-RI dalam upaya mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Kalteng berjalan baik dan bersih serta terhindar dari tindak pidana korupsi.

“Upaya pencegahan korupsi perlu peran serta aktif seluruh unsur penyelenggara pemerintahan daerah”, Ucap Gubernur.

Namun demikian, partisipasi masyarakat juga tidak dapat dilepaskan, khususnya lingkungan keluarga, dalam upaya meminimalisir penyebab dan peluang melakukan korupsi.

Kegitan di hadiri oleh Fungsional Direktorat Pembinaan Peran serta Masyarakat KPK RI Anisa Nurlitasari, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Ketua DPRD Provinsi  Kalteng Wiyatno, Kasrem 102/Pjg,  Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda, Wakajati Kalteng, Bahwa peserta Bimtek diikuti Bupati/ Wali Kota se-Kalteng, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments