P. Raya

Kawasan Jalan Mendawai Rutin Banjir

Palangka Raya - Bencana musiman kembali terjadi akibat intensitas luapan air sungai yang tinggi, seperti banjir yang terjadi di Jalan Anoi tepatnya kawasan Jalan Mendawai.

Tampak jalan tersebut tergenang air setinggi 40 cm. Hal tersebut seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Genangan air tersebut pun tentu kiriman langsung dari daerah dataran tinggi yang memang selalu terjadi setiap tahun. Salah seorang warga jalan Mendawai, Ibnu berharap agar air segera surut karena kalau air terus naik mengakibatkan banyak kerugian.

"Setiap tahun kayak gini terus mas, seharusnya pemerintah memberikan peratian khusus dikawasan sini," kata Ibnu, Jumat 3 September 2021. Pasalnya banjir disini bisa sampai setinggi lutut hingga sepinggang orang dewasa. Itu membuat kami harus mengamankan barang barang serta tempat tidur ketempat yang lebih tinggi.

"Kami berharap semoga air tidak bertambah naik agar rumah warga aman dari banjir, tetapi kalau air nantinya naik dia berharap agar Pemerintah menyediakan Posko Kesehatan dan BNPB untuk siap siaga, " terangnya.

Sementara itu, Rozak berharap, semoga air bisa segera surut. Jangan ada lagi pembabatan hutan untuk perkebunan besar. Karena dengan adanya pembukaan lahan untuk sektor perkebunan dampaknya sangat besar.

"Biasa banjir setahun sekali dengan volume air tidak meluap ke pemukiman dan jalan, tahun kemarin banjir dalam setahun bisa tiga kali," pungkasnya.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments