P. Raya

Keaneka Ragaman Seni Dan Budaya Kalimantan Tengah Harus Dikembangkan

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Festival Tambun Bungai, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng. Festival ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dengan memukul katambun, yang disambut meriah masyarakat Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan, Festival Tambun Bungai bertujuan memperkenalkan keragaman, keindahan, dan tradisi, serta warisan budaya di Kalteng.

“Dengan kita menampilkan dan memperlihatkan mengenai kebudayaan yang dimiliki menjadi suatu kebanggaan, khususnya kuliner daerah, dan produk unggul Kalteng lainnya,” ucap gubernur, Rabu (15/3/2023) malam.

Festival ini berlangsung selama 5 hari yang dimulai pada tanggal 15-19 Maret 2023, di Stadion Sanaman Mantikei Kota Palangka Raya. Selain membuka festival, gubernur sekaligus meluncurkan Kalender Of Event Kick Off BBI dan BBWI Kalteng tahun 2023, serta Soft Launching UCI Mountain Bike World Cup.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin menyampaikan, kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk menujukan pesona dari kearifan lokal kepada masyarakat Kalteng.

“Terlebih lagi agar generasi muda mengenal, dan mencintai kebudayaan daerahnya sendiri,” ujarnya.

Ia menyebutkan Kegiatan juga menjadi sarana bagi generasi muda menunjukan bakatnya, dan minat dalam mewariskan kebudayaan, khususnya kebudayaan Kalteng. Itu membuat perkembangan dan mendorong perekonomian Kalteng, melalui Festival Tambun Bungai, agar meningkatkan pelaku UMKM dan seni.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments