P. Raya

Kesadaran Masyarakat terhadap  Lingkungan dan Edukasi Kunci Penting Penanganan DBD

PALANGKA RAYA - Pada hari Rabu, 08/11/2023, Hasan Busyairi mengungkapkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan dan memahami pentingnya edukasi dari instansi teknis merupakan langkah kunci dalam upaya mencegah DBD.

Ia menegaskan urgensi penanganan dan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui kesadaran masyarakat dinilai sangat efektif .

Ia mengatakan, "Kita mungkin sudah tau, kalau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, dan menjadi ancaman serius bagi masyarakat, maka dari itu dengan men cegah berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti merupakan solusi yang dinilai lebih efektif," ujarnya.

Hasan Busyairi menekankan bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pemberantasan tempat-tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk, sangat penting dalam mencegah penyebaran DBD meluas.

Dalah hal ini edukasi menjadi salah satu hal yang efektif, bisa dilakukan langsung  oleh instansi teknis tentang cara mencegah DBD juga harus disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat setempat.

Ia menyoroti bahwa upaya pencegahan DBD bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tugas bersama seluruh komunitas. Dengan keterlibatan aktif masyarakat, diharapkan penyebaran DBD dapat diminimalkan, menjaga kesehatan bersama di Kota Palangka Raya. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments