Kotim

Ketahanan Pangan Salah Satu Prioritas Pemkab Kotim

SAMPIT – Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan alih fungsi lahan dari sebelumnya merupakan lahan pertanaian menjadi pemukiman, ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas dalam rencana kerja Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki. Oleh karena itu, kebutuhan pangan mutlak harus dipenuhi.

Pembangunan pertanian tanaman pangan, lanjut Halikinnor, mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan dan terintegritas.

Sementara itu, menjawab isu strategis percepatan pembangunan pertanian di Kotim, di antaranya, pertama penguatan sumber daya manusia pertanian petugas dan pelaku usaha tani sektor hulu hingga hilir.

Kedua, pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berkesesuaian dan memperhatikan keseimbangan lingkungan sekitar. Ketiga, berkaitan dengan penguatan kelembagaan pertanian pemerintah ataupun nonpemerintah.

Keempat, peningkatan sarana dan prasarana prasarana pertanian. Kelima, mengangkut teknologi tepat guna berbasis lokal yang telah direkomendasikan pada setiap tahapan usaha tani. Keenam, penguatan database pertanian yang akurat dan terkini.

Terakhir, pengimplementasian perundangan dan kebijakan yang dapat melindungi lahan usaha tani dan menciptakan suasana yang kondusif.

(Altius)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments