P. Raya

Ketua BAWASLU RI : Kompleksitas Pemilu Serentak 2024

PALANGKA RAYA - Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, Abhan meminta jajaran Bawaslu di tingkat daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota, untuk bersiap menghadapi kompleksitas Pemilihan Umum tahun 2024.

Dalam wawancaranya usai membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Menghadapi Tahapan Pemilu atau Pemilihan Serentak 2024, Ketua Bawaslu RI Abhan mengungkapan bahwa tiap daerah segera mempersiapkan diri menghadapi tantangan Pemilu 2024 yang lebih kompleks dibanding sebelumnya.

Pihaknya pernah melewati pemilu serentak Pilpres, DPR RI, DPRD provinsi, kabupaten kota dan DPD. Kini yang menjadi titik beratnya ialah pada 2024, ditambah dengan adanya pilkada bupati, wali kota dan gubernur.

Ia mengatakan di antara bentuk kesiapan menghadapi kompleksitas Pemilu dan Pilkada 2024 yaitu dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di jajaran Bawaslu. Selain itu juga terus meningkatkan peran masyarakat agar semakin aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilu dan pilkada sehingga pemilu jujur dan adil, aman serta berkualitas semakin tercipta.

Ketua Bawaslu RI tersebut juga mengatakan, dengan kegiatan ini kiranya menjadi bentuk dorongan untuk masyarakat meningkatkan partisipasi dalam pengawasan. Terkait hal itu pihaknya juga mendirikan sekolah kader pengawasan partisipatif.

 

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments