Barsel

Ketua STIE Dahani Dahanai Buntok Lisawanto Melepas 47 Mahasiswa KKN Tahun 2021

BARITO SELATAN - Sebanyak 47 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dahani Dahanai Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan program kuliah kerja nyata (KKN) yang ke 14 untuk angkatan tahun 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 12 juli sampai 12 agustus tahun 2021.

Ketua Stie Dahani Dahanai Buntok Lisa Wanto Melalui Wakil Ketua I Harlina Kurniaty mengatakan, tujuan senin (12/7/2021). KKN ini bertujuan agar mahasiswa bisa lansung terjun ke lapangan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama duduk di bangku kuliah.

Adapun program yang akan mereka laksanakan di lapangan nantinya ada 4 lanjut harlina. Pertama bidang pemerintahan, ekonomi dan kewirausa-haan, bidang pendidikan serta bidang sosial budaya masyarakat. Program KKN ini terbagi di 3 kelurahan dan 1 desa di Kabupaten Barito Selatan, diantaranya Kelurahan Buntok Kota, Kelurahan Hilir Sper, Kelurahan Jelapat, Dan Desa Pamait.

Noval Asental Sumpredu Seketris Kelompok A bidang kepemerintahan sekaligus ketua senat di fakultas STEI Dahani Dahanai Buntok mengung-kapkan, untuk kegiatan lapangan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan buntok kota untuk pembenahan dan pembuatan papan nama jalan atau gang yang ada di wilayah RW.004 dan RW.005 di kelurahan setempat.

Adapun tujuan pembuatan papan nama ini untuk memberi akses kemudah-an bagi masyarakat dalam mencari alamat yang tepat.  Semoga dengan terlaksananya program kkn ini bisa memberi nilai positif dan bisa bermanfaat bagi masyarakat umum, imbuh noval.

Gina khairani ketua kelompok B bidang ekonomi dan kewirausahaan mengatakan, kelompoknya akan berfokus melaksanakan program kkn ini di desa pamait. Desa tersebut merupakan daerah perlintasan antar desa yang menuju kota buntok.

Menurut gina siswa yang mengikuti KKN tahun 2021 di desa tersebut sangat potensial untuk mengembangkan bisnis dan usaha lainnya, karena desa pamait ini letaknya sangat strategis sekali untuk mengembangkan hal tersebut. Dniansyah ketua klompok C bidang pendidikan yang berfokus di kelurahan jelapat mengutarakan, untuk bidang mereka terbagi dalam beberapa program seperti membantu mengajarkan anak-anak di sekitar membaca iqro agar mempercepat dan mempermudah mereka membaca al qur'an serta nantinya akan diadakan lomba menghafal surah-surah pendak dan lomba menggambar bagi anak-anak.

Program mereka selanutnya akan membantu pihak puskesmas setempat. 

Senada dengan Elsa,  Sriwuni Dari Elompo D Bidang Sosial Dan Kesehatan yang berfokus di kelurahan hilier sper. Untuk program kelompoknya mereka bersama anggota tim akan membagian masker secara gratis bagi yang tidakmengunakan masker dan bakti sosial.

 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments