P. Raya

Keuskupan Palangka Raya Ajak Masyarakat Untuk Menanam Pohon

TAMIANG LAYANG - Uskup Keuskupan Palangka Raya, Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisna Atmaka, Msf mengajak masyarakat untuk lebih banyak menanam pohon guna menyelamatkan bumi untuk masa depan bersama.

Ajakan menanam pohon tersebut disampaikan uskup saat membuka kegiatan penanaman pohon durian musang king dalam rangka menyambut pesta emas atau peringatan ke 50 tahun paroki santo petrus dan paulus ampah di lokasi bumi perkemahan bangi wao, tamiang layang, milik pemerintah Kabupaten Barito Timur, Sabtu 24 Juni 2023.

Kegiatan penanaman pohon durian juga dihadiri kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan barito timur, lurikto yang mewakili Bupati Barito Timur, Ampera Ay Mebas, Perwakilan Polres, Ketua Kwartir Cabang Atau Kwarcab Gerakan Pramuka,  Eskop, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Ampah Yosep Septum Burman Msf dan Ketua Dewan Paroki Santo Petrus dan paulus ampah dan jajarannya serta undangan lainnya.

Uskup Keuskupan Palangka Raya Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisna Atmaka, Msf, mengatakan ajakan dan anjuran penanaman pohon sesuai pesan yang diserukan oleh pimpinan tertinggi gereja katolik dunia paus fransiskus yang menerbitkan sebuah ensiklik berjudul "Laudato Si".

Laudato si berasal dari bahasa Italia, yaitu Laudato Si Mi Signore yang artinya terpujilah engkau tuhan allah semesta alam.

"laudato si adalah sebuah ensiklik yang dikeluarkan paus fransiskus pada 2015 karena prihatin atas perubahan iklim yang membuat dunia panas. Kualitas air semakin buruk, timbul penyakit karena banyak hutan ditebang.

Dirinya juga menerangkan tujuan dilakukan penanaman pohon adalah sebagai bentuk gerakan untuk menyelamatkan bumi sebagai masa depan bersama.

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments