Bartim

Sambut Pesta Emas, Paroki Santo Petrus Dan Paulus Ampah Gelar Penanaman Pohon Durian Musang King

TAMIANG LAYANG - Dalam rangka menyambut pesta emas atau peringatan yang ke 50 tahun Paroki Santo Petrus Dan Paulus Ampah menggelar kegiatan penanaman pohon durian musang king dilokasi pemerintah kabupaten atau Pemkab Barito Timur, Bangi Wao, Tamiang Layang, Sabtu 24 Juni 2023.

Kegiatan penamakan pohon durian tersebut dibuka oleh uskup keuskupan palangka raya, mgr. Aloysius maryadi sutrisna atmaka, msf, nampak hadir Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto yang mewakili Bupati, Perwakilan Polres, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Eskop, Pastor Paroki Santo Petrus dan paulus ampah yosep septum burman msf dan ketua dewan paroki santo petrus dan paulus ampah dan jajarannya serta undangan lainnya.

Uskup Keuskupan Palangka Raya Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisna Atmaka, Msf , saat diwawancarai, mengatakan penanaman pohon durian tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peduli dengan lingkungan hidup dan menjaga kelestariannya.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan  pesan yang diserukan oleh pimpinan tertinggi gereja katolik dunia paus fransiskus yang menerbitkan sebuah ensiklik berjudul laudato si

"Laudato Si" berasal dari bahasa italia, yaitu laudato si mi signore yang artinya terpujilah engkau tuhan allah semesta alam.

"Laudato Si" adalah sebuah ensiklik yang dikeluarkan paus fransiskus pada 2015 karena prihatin atas perubahan iklim yang membuat dunia panas. Kualitas air semakin buruk, timbul penyakit karena banyak hutan ditebang.

Dirinya juga menerangkan tujuan dilakukan penanaman pohon durian adalah sebagai bentuk gerakan untuk menyelamatkan bumi sebagai masa depan kita bersama.

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments