P. Raya

Kisah Inspirasi Perjuangan Pedagang Kaki 5

PALANGKA RAYA - Wisata Flamboyan Bawah merupakan tempat wisata yang terletak di pinggir sungai Kahayan. Pedagang kaki lima atau yang sering disebut PKL merupakan sebuah komunitas pedagang, yang kebanyakan berjualan dengan memanfaatkan area pinggir jalan raya. Mereka menggelar dagangannya atau gerobaknya di pinggir perlintasan jalan raya.

Kawasan wisata Flamboyan bawah ramai kunjungan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga sangat cocok untuk melepas penat sesaat. Duduk di gazebo yang berada di tepi sungai sambil menikmati pemandangan sore hari  dapat memberikan kesegaran bagi otak. Hal itu membuatnya kian menarik dan sangat cocok menjadi tempat berteduh dan bersantai sambil menikmati keindahan alam,

Adapun wahana pendukung wisata Flamboyan bawah ini antara lain, kapal  susur sungai, maupun melihat keindahan pemandangan air sungai Kahayan Palangka Raya .

Hari berkerja sebagai pedangan kaki 5 yang sudah memulai usaha selama 4 Tahun.  Sebelumnya ia adalah tukang bangunan. Kepada Huma Betang ia mengatakan tidak ada usaha lain selain berjualan sebagai pedagang kaki 5.

“Kalau sedang ramai bisa dapat Rp250.000 dan kalau sepi hanya rapat Rp150.000.”tuturnya, Kamis 19 Januari 2023.

Bayangkan dengan beban dagangan yang harus ia pikul setiap hari, menjual pentol goreng sedari jam 9 pagi sampai jam 6 petang , ia sudah harus terbangun dan mengumpulkan semangat untuk mengais rezeki. Sebagai pedagang kaki 5  yang biasa berjulan berharap wisata ini ramai dikunjungi .

"Hidup memang keras, Di balik keluhan-keluhan yang kita rasakan selama ini, masih banyak keluhan-keluhan yang harus didengar Tuhan terlebih dahulu. Bahkan, banyak dari mereka yang lebih memilih tak mengeluh dan tetap tersenyum lebar. Mengikuti arus, tanpa harus berkoar-koar kesetanan demi meyakini sesuatu" tutur Hari.

(Feny Hariany/ Olivia Vutri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments