P. Raya

Komisi Pemilihan Umum Sosialisasi Pemilihan Tahapan Kepala Daerah Se-Kalimantan Tengah.

PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah. Sosialisasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, dilaksanakan di Hotel M.Bahalap, Jl. RTA Milono, Palangka Raya, Senin (29/7/2024).

Sambutan dan Sekaligus pembukaan Acara  oleh Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi mengatakan,  kesempatan ini adalah salah satu bagian dari sosialisasi dan tahapan pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Tahapan Pilkada yang sudah dilaksanakan oleh KPU pada saat ini pembentukan badan HOC sudah selesai  untuk PPK dan PPS .

Selanjutnya masih ada tahap pembentukan  pada KPPS dan petugas keamanan PPS yang akan dilaksanakan di sekitar bulan November.Untuk proses coklit pencocokan dan penelitian data pemilih sudah selesai juga dilakukan oleh pantarlih.

Lebih lanjut Sastriadi mengatakan, di 14 Kabupaten/Kota selesai pada tanggal 24 Juni dan saat ini sedang proses finishing oleh rekan rekan kami di PPS ,PPK dan KPU,di kabupaten/kota.

Selanjutnya nanti hasil coklit ini akan menjadi TPS daftar pemilih sementara kemudian selanjutnya akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapat masukan dan tanggapan.

Setelah TPS sudah ditetapkan  disitu akan kelihatan jumlah TPS dan juga berapa jumlah pemilihnya.

“Itu akan semakin jelas nanti setelah ditetapkan TPS. Selanjutnya TPS diumumkan lalu diperbaiki, selanjutnya akan diumumkan menjadi  sebagai daftar pemilih tetap pada bulan Nopember,"Tuturnya.

Tahapan krusial lainnya adalah tahapan pencalonan yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 27-29 Agustus 2024 sampai pukul 23.59 seterusnya. Oleh sebab itu pada rekan rekan dari partai politik kami berharap untuk secara insten perlu komunikasi dengan  helpdesk kami di KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

Helpdesk  KPU kabupaten juga intens berkomunikasi berkoordinasi untuk menanyakan hal-hal apa saja persiapan ketika proses pendaftaran calon kemudian saran saran apa saja yang harus di penuhi.

Selanjutnya setelah proses pencalonan ada tahapan kampanye juga yang kurang lebih 60 hari dilaksanakan dalam berbagai macam bentuk kampanye dan masa tenang ,pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara tanggal 27 November tahun 2024. “Ini bagian yang harus kami sosialisasikan dalam rangka untuk bentuk mengundang masyarakat agar datang dan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November,"ungkapnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Pj. Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Forkompinda, Danrem 102/Pjg Yang diwakili Kasi Intel Kasrem Kolonel.Inf Kasma Mokoginta, Partai politik, Penyandang Disabilitas, Madrasah, Organisasi komunitas, tokoh Agama, tokoh adat, tokoh Masyarakat dan Media Online, TV dan Eletronik.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments