Barut

Pj Bupati Muhlis Berharap Buah Semangka dan Melon Banyak Dikembangkan Di Wilayah Barito Utara

MUARA TEWEH – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Barito Utara melaksanakan kegiatan panen buah semangka dan melon di Desa Kamawen Kecamatan Montallat, Senin (29/7/2024).

Muhlis juga tak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan panen semangka ini. 

Melalui momentum panen buah semangka dan melon kata dia,  di Desa Kamawen ini menjadi awal kemajuan dan peningkatan pada bidang pertanian khususnya komoditi buah semangka dan melon. 

Muhlis juga berharap suplai buah semangka dan melon yang ada di Kabupaten Barito Utara berasal dari hasil panen yang dimiliki oleh para petani di Kabupaten Barito Utara sendiri. Sehingga apabila komoditi buah semangka dan melon ini dapat disuplai untuk seluruh masyarakat di daerah ini maka akan dapat mencapai swasembada pangan di komoditi buah semangka dan melon. 

Perlu disadari kata Pj Bupati bahwa selama ini komoditi semangka dan melon berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan maupun luar Kalimantan, hal ini harus menjadikan sebagai pemicu Pemkab Barito Utara dan semua pihak, khususnya para petani dan kelompok tani, agar terus berusaha untuk meningkatkan luas lahan serta kualitas buah semangka yang ditanam, sehingga hasilnya tidak kalah dengan buah semangka yang berasal dari Kalsel maupun luar Kalimantan. 

Dikatakan Muhlis meningkatnya produksi pertanian di suatu daerah tidak terlepas dari dukungan penting dan peran dari pahlawan pangan yaitu para petani, penyuluh pertanian lapangan, mantri tani, petugas teknis pertanian, petugas pengamat hama/penyakit tanaman dan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman. 

Untuk itu sambungnya,agar para insan pertanian selalu berperan aktif dan bersemangat dalam berinovasi dan tetap semangat dalam menjalankan tugas mulia ini untuk terwujudnya Barito Utara swasembada pangan pada komoditi buah semangka dan melon, terus laksanakan kaji tiru dengan para mantri tani.

Pj Bupati juga berpesan agar para petani tidak patah semangat apabila hasil panennya belum sesuai harapan. Tidak ada kata gagal dalam sebuah upaya untuk menuju berhasil, yang ada hanyalah tantangan dalam menuju keberhasilan panen yang baik dan melimpah ruah.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments