P. Raya

Koperasi Berbasis Digitalisasi Dan Perkembangan Minyak Makan Merah

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng Nurhani, usai Melaksanakan Upacara Hari Koperasi Nasional Ke 76 , di Halaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Jl. Wiliem Samad, Provinsi Kalteng, Rabu (12/72023) mengatakan, dalam momentum hari koperasi nasional kita berharap perkembangan perkoperasian di Kalteng semakin maju dan meningkat lagi. Adanya digitalisasi, teman teman dari dinas koperasi bidang KP dan bidang PPK ini, melakukan pendampingan dan pembinaan untuk koperasi koperasi.

Pihaknya terus mencari koperasi yang tidak aktif dan dicarikan solusinya , contohnya  koperasi yang di Anjir, yang dulu selama pandemi hampir colaps, ternyata bisa bangkit lagi dan beberapa kali mengikuti pelatihan pelatihan koperasi.

"Jumlah koperasi dikalteng 3558 yang aktif dan yang sudah RAT 450 puluhan jadi masih ada yang aktif itu belum RAT, jelasnnya."

Saat ini kita kengembangkan di Kalteng yaitu minyak makan merah yang di inisiasi dari 7 koperasi yang berada di Pangkalan Lada. Mudah mudahan nanti bisa launching pembagunan pabriknya. Minyak makan merah adalah makanan pencegahan stunting” imbuh Nurhani.

Koperasi yang sudah modern ada enam (6) sudah di SK kan oleh kementerian. Kategori koperasi modern yaitu sudah digital dan RAT.  Salah satunya seperti CU. Betang ada koperasi mandirinya, dan laporannya langsung ke pusat dan yang menyeleksi langsung kementerian. “Walaupun koperasi tidak besar yang penting sudah Go Digital dan melalui zoom sehingga tidak harus tatap muka” Tutup Nurhani.

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments