P. Raya

Kota Palangka Raya, Juara 1 Putri Kotawaringin Timur juara Lomba Manyipet

PALANGKA RAYA - Dalam rangkaian lomba Festival Budaya Iseng Mulang Tahun 2022, Lomba Manyipet diikut oleh 11 Kabupaten Kota untuk putra dan 5 Kabupaten Kota untuk putri, yang di laksanakan di UPT Taman Budaya Palangka Raya, Sabtu 21/5/2022.

Menyumpit merupakan kegiatan suku Dayak dalam berburu binatang di hutan. Saat ini kegiatan itu sudah jarang dilakukan lagi, karena sudah banyak alat modern yang digunakan masyarakat.

Alat sipet ini sendiri terbuat dari kayu yang di bulatkan dan mempunyai lobang dengan panjang 2 meteran lebih. Anak sumpitnya terbuat dari bambu. Untuk melestarikan tradisi menyipet, pemerintah selalu melombakan manyipet ini dalam setiap turnamen dan even gelaran budaya.

Dalam serangkaian lomba FBIM tahun 2022 ini, peserta lomba manyipet dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori putra dan kategori putri. Untuk kategori putra diikuti oleh kontingen dari 11 kabupaten dan 1 kota, yaitu Barito Timur, Lamandau, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Barito Selatan, Murung Raya, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Sukamara, Seruyan, dan Palangka Raya. Sedangkan untuk kategori putri diikuti oleh kontingen dari 5 kabupaten dan 1 kota, yaitu Barito Selatan, Murung Raya, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Sukamara, dan Palangka Raya.

Lomba manyipet ini di bagi dalam 2 katagori, untuk putra dengan jarak sumpitan 25 meter dan putri dengan jarak 20 meter, dengan masing masing  5 rambahan, 1 rambahan dengan 5 anak sumpit. Sistem penilaian juara dengan point tertinggi dari anak sumpit yang menancap dalam lingkaran target,, untuk menambah penilaian peserta menggunakan kostum adat dari masing masing daerah.

Dalam lomba manyipet kali ini sebagai pemenang putra juara 1 Kota Palangka Raya, juara 2 Katingan, juara 3 Kabupaten Barito Utara. Untuk kategori putri juara 1 Kotawaringin Timur, juara 2 Barito Utara dan juara 3 dari Kabupaten Barito Selatan.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments