Business

Barsel Rebut Juara 1 Putra Putri Dalam Lomba Mangaruhi FBIM 2022

PALANGKA RAYA - Dalam rangkaian kegiatan Festival Budaya Isen Mulang 2022 ,dan hari ulang tahun Kalteng ke -65, diselenggarakan Mangaruhi,  salah satu ajang lomba yang cukup seru. Turut hadir menyaksikan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Istri Ivo Sugianto Sabran, beserta Agustiar Sabran Ketua DAD Kalimantan Tengah serta Anggota DPR RI Dapil Kalteng, di Upt Taman Budaya, Sabtu (21/5/2022).

Mangaruhi adalah salah satu tradisi Budaya Suku Dayak di Kalimantan, yaitu menangkap ikan dengan mengeruhkan air yang berlumpur hanya dengan tangan kosong. Dalam ajang lomba Festival Budaya  kali ini Mangaruhi diikuti oleh 11 Kabupaten untuk putri dan 12 kabupaten untuk putra, dengan 2 orang setiap timnya.

Ada 3 jenis ikan yang ditangkap peserta, ikan lele dengan nilai 1, ikan gabus nilai 2 dan ikan belut dengan nilai 3. Kriteria pemenang adalah peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari ikan yang di tangkap.

Berhasil menjadi juara untuk putri, juara 1  Barito Selatan, juara 2 Sukamara, juara 3 Murung Raya dan juara untuk putra, juara 1 Barito Selatan, juara 2 Kuala Kapuas dan juara 3 Barito Utara.

Hasanudin selaku koordinator  lomba berharap dalam pertandingan selanjutnya, bisa mengikuti-sertakan  masyarakat umum, pada setiap jenis lomba.

Pada kesempatan itu pula hadir Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Istri, serta Agustiar Sabran Ketua DAD Kalimantan Tengah yang berkesempatan memberikan hadiah berupa yang tunai masing masing 10 juta rupiah secara pribadi kepada tim peserta yang berhasil menangkap ikan belut yaitu dari Barito Selatan, Seruyan, dan Sukamara.

Gubernur juga memberikan hadiah uang tunai 10 juta rupiah kepada peserta yang tidak mendapatkan juara dan dibagi rata kepada seluruh peserta.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments