P. Raya

Kunjungan Perwakilan Forum Anak Daerah (FAD)

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi  Kalteng, Linae Victoria Aden menerima kunjungan perwakilan Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalimantan Tengah yang akan mengikuti Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Nasional (FAN) Tahun 2024 dalam rangkaian menuju Puncak Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024, bertempat di Ruang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng, Senin (15/7/2024).

Dalam arahannya, Linae mengatakan bahwa Forum Anak merupakan wadah bagi anak-anak untuk menyampaikan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhannya dalam proses pembangunan.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan partisipasi anak dalam pembangunan dari nasional hingga ke daerah, maka diselenggarakan Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Nasiona (FAN) Tahun 2024 oleh Kemen PPPA,” ucap dr.Ina.

Secara umum, rangkaian kegiatan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi anak dalam proses pembangunan yang lebih bermakna, mencegah terjadinya berbagai bentuk kekerasan dalam penyelenggaraan forum anak, dan meningkatkan keterampilan forum anak maupun pendamping dalam menjalankan perannya.

Kegiatan ini juga akan mensosialisasikan Sistem Informasi dan Pemantauan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan yang dikembangkan bersama oleh UNICEF, Kemen PPPA dan Bappenas. Sistem ini memberikan informasi dan gambaran tentang tindak lanjut dari suara anak yang disampaikan pada Musrenbang di tingkat kabupaten/kota,"Jelasnya.

Ia menambahkan juga diadakan pembekalan untuk persiapan anak-anak saat mengikuti Bimtek oleh Psikolog Klinis pada Dinas P3APPKB. Dengan dilakukan pembekalan, diharapkan anak-anak lebih siap meningkatkan kapasitas anak tentang nasionalisme, kebhinekaan, dan persaudaraan serta penguatan karakter anak, meningkatkan peran anak sebagai Pelopor dan Pelapor pemenuhan hak dan perlindungan anak serta memberikan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas anak sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

dr. Ina berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kapasitas Pengurus Forum Anak Nasional, Fasilitator Forum Anak Nasional, Admin Website Forum Anak Nasional, Pengurus Forum Anak Provinsi, dan Pendamping Forum Anak Provinsi terkait Pendidikan Kecakapan Hidup dan 2P (Pelopor dan Pelapor) serta pemahaman kode etik dalam penyelenggaraan Forum Anak agar bisa lebih melibatkan anak dalam proses pembangunan secara bermakna.

“Anak-anak Bunda nantinya dapat melanjutkan proses penguatan kapasitas bagi pengurus, fasilitator, admin web dan pendamping Forum Anak di tingkat kabupaten/kota,"Tutupnya.

Sebagai informasi, empat orang anak yang akan mengikuti kegiatan Bimtek tersebut yaitu Selvia. R (Forum Anak Nasional Kabupaten Pulang Pisau), Araina Engelina (Fasilitator Kota Palangka Raya), Naafi Bagas Fauzi (Admin website FAN Kabupaten Kotawaringin Timur), dan Aseclo Angelina Gracia (Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Tengah – Kabupaten Katingan).

Kegiatan dihadiri oleh,  yakni Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Sylvana Anethe, serta pendamping FAD Kabupaten.

(Era Suhertini).

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments