Business

Legislatif H. Sudarsono Dorong Budidaya Ikan Gabus

PALANGKA RAYA - Ikan gabus atau yang biasa disebut ikan Haruan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya. Selain itu ikan tersebut juga mempunyai nilai ekonomis yang dapat meningkatkan perekonomian. Oleh karena itu Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Kalteng yang membidangi sumber daya manusia (SDM) H. Sudarsono mendorong masyarakat agar dapat membudidayakan ikan lokal jenis Gabus. Selasa (27/7/21).

Untuk menekuni budidaya Ikan Gabus masih sangat jarang dan peluang ini yang ingin dikembangkan masyarakat Desa Lanpasa. Ia juga mendorong agar hal ini bisa ditekuni oleh masyarakat lainnya. Mantan Bupati Seruyan ini mengatakan, saat ini budidaya yang dicoba untuk dikembangkan oleh asyarakat setempat masih banyak kendala, terutama pada pakan ikan. “Saat ini upaya budidaya yang dilakukan masyarakat terkendala pakan, sehingga hasil yang di dapat juga tidak optimal".

Menurut Sudarsono, selain kendala pakan juga adanya kendala pembibitan. Saat ini petani hanya mengandalkan bibit yang ditangkap langsung dari alam, tetapi metodenya masih sangat minim dan kurangnya pakan, karena memang Ikan Gabus liar tidak mau makan olahan pabrik, sedangkan ketersediaan pakan masih bergantung dari luar daerah. Lebih lanjut, dirinya menegaskan apabila ketersediaan pakan tidak mencukupi, maka budidaya tersebut akan sangat sulit dikembangkan, sehingga sangat membutuhkan bantuan pemerintah. Ia berharap kepada stakeholder terkait agar dapat membantu masyarakat yang membudidayakan ikan.

(Deddi)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments