P. Raya

Lomba Besei Kambe Tarik Tambang Dayung Tradisional Nenek Moyang Suku Dayak

PALANGKA RAYA - Lomba Besei Kambe salah satu lomba yang di Gelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM). Besei Kambe adalah olahraga tarik tambang mendayung. Lomba diadakan di bawah jembatan kahayan Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Sabtu (27/5/2023). Masyarakat Kota Palangka Raya sangat antusias datang untuk menyaksikan lomba Besei Kambe. Terik panas matahari tidak jadi halangan warga Palangka Raya untuk menyaksikan lomba tersebut.

Satu cabang olahraga Besei Kambe merupakan salah satu lomba berupa tarik tambang mendayung saling berlawanan arah di dalam satu perahu. Dalam bahasa suku dayak ngaju besei artinya dayung, mendayung, pendayung dan kambe diartikan roh atau arwah nenek moyang suku dayak. Lomba ini memperkenalkan dan melestarikan olahraga tradisional masyarakat Kalteng yang berasal dari cerita rakyat turun temurun tentang makhluk halus yang mendayung saling berlawanan arah.

Sebelum permainan, peserta lomba dibagi dua regu yang masing masing beranggota-kan dua orang. Kedua regu yang akan bertanding tersebut akan saling membelakangi dengan lawan dalam satu Perahu. Aturan selanjutnya adalah masing masing regu bersaing kuat kuatan untuk mendayung perahu kedua arah yang berlawanan. Regu yang terlebih dahulu melewati batas penentuan dewan juri, maka dinyatakan sebagai pemenang. Dalam lomba itu pakaian peserta laki laki dan perempuan menggunakan pakaian olahraga etnik tradisiona dari daerah masing masing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari mengatakan Besei Kambe adalah permainan yang sangat menarik sekali yang cukup di gemari di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Adiah berharap sebagai penutup lomba ini membawa kesan yang dalam untuk para penonton serta untuk para kontingen. Kita ingin mengenalkan kepada masyarakat luas tidak hanya untuk di Kalteng saja tetapi juga untuk seluruh Indonesia bahkan Manca negara yang berasal dari legenda Kalteng.

Peserta Besei Kambe kali ini di ikuti dari Kabupaten /Kota Se-Kalteng jumlah tim putra yang ikut sebanyak 12 peserta berasal dari Lamandau, Gunung Mas, Palangka Raya, Seruyan, Barsel, Pulang Pisau, Katingan, Kapuas, Murung Raya, Kobar, Barito Utara dan Sukamara.

Sementara tim putri diikuti sebanyak 9 dari Pulang Pisau, Barito Selatan, Barito Utara, Kapuas, Palangka Raya, Lamandau, Katingan, Gunung Mas dan Murung Raya. Pemenang juara lomba Besei Kambe Tim Putra Juara I Kabupaten Katingan, Juara II Kabupaten Seruyan, dan Juara III diraih oleh Kabupaten Barito Utara. Untuk Tim Putri Juara Besei Kambe, Juara I Kabupaten Barito Utara, Juara II Kabupaten Katingan, dan Juara III dari Palangka Raya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments