Kobar

Lomba Kelotok Dan Getek Hias Dalam Rangka Hut Kobar Yang Ke 65 Tahun 2024

PANGKALAN BUN - Sungai arut kembali menjadi pusat perhatian dalam rangkaian kegiatan Festival Batang Arut yang diselenggarakan pada sabtu 28/09/2024. Lomba kelotok dan getek hias yang dilaksanakan setahun sekali sangat dinantikan masyarakat, dibuka secara langsung oleh Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa.

Acara juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang menyaksikan langsung dari atas pelabuhan KPLP di kelurahan Raja P. Bun. Dalam sambutannya Pj. Bupati Budi Santosa apresiasi dan mendukung terhadap pelaksanaan lomba kelotok dan getek hias yang sudah menjadi agenda tetap Dinas Pariwisata Kobar.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar menampilkan keindahan seni dan budaya lokal, tetapi juga mengandung pesan moral yang penting bagi masyarakat, karna menjadikan tradisi adat seni dan budaya yang harus dilestarikan bukan hanya sekadar tontonan tetapi mengedukasi masyarakat untuk tidak melupakan nilai-nilai budaya leluhur Kabupaten Kotawaringin Barat.

Lomba tahun ini bertemakan Pesona Sungai Arut Merajut Cita Membangun Asa, diikuti sebanyak 26 peserta yang terbagi dalam dua kategori yaitu kelotok dan getek hias budi santosa berpesan agar lomba ini tidak hanya menjadi rutinitas tahunan tetapi juga menjadi ajang penyampaian pesan bagi masyarakat jadikan acara kepariwisataan yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi sebagai momentum menguatkan penerapan falsafah huma betang sebagai pegangan dan modal dasar pembangunan.

Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Rody Iskandar juga memberikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah mendukung acara hari ini berlangsung aman dan sukses dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

Festival batang arut dan lomba kelotok dan getek hias diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik menjadi salah satu daya tarik wisata lokal untuk memperkuat identitas budaya Kabupaten Kobar sekaligus memberikan manfaat meningkatkan perekonomi bagi masyarakat setempat.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments