Kapuas

Lomba Lawang Sakepeng Dan Bagasing Meraihkan Hut Kapuas 2024

KAPUAS - Lomba lawang sakepeng dan lomba bagasing kembali meriahkan hari jadi kota kuala kapuas ke 218 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 tahun 202 pada, Senin 22 April 2024.

Pelaksanaan lomba lawang sakepeng dan lomba bagasing  kali ini dipusatkan di lapangan bukit ngalangkang jalan soeprapto kuala kapuas, diikuti peserta sebanyak lima puluh dua regu putra putri dari sejumlah kecamatan di daerah setempat. 

Sebanyak lima puluh dua regu tersebut terdiri peserta lomba lawang sakepeng putra sebanyak dia puluh lima regu dan putri sepuluh regu. Sedangkan peserta lomba bagasing putra sebanyak tujuh belas regu.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas, Apollonia Septedy, mengatakan lomba lawang sakepeng merupakan tradisi budaya dalam rangka penyambutan tamu dalam acara perkawinan adat bagi orang dayak ngaju. Dalam lomba lawang sakepeng para pemainnya harus dapat memutuskan benang sehingga tamu-tamu undangan bisa masuk ke dalam acara perkawinan tersebut.

Sedangkan lomba bagasing dijelaskan Apollonia Septedy, adalah merupakan tradisi permainan olahraga jaman dulu dimana semangat untuk menjadi juara dan terbaik bagi timnya. Untuk itu permainan tempo dulu seperti lomba bagasing ini perlu dilestarikan.

 

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments