Kapuas

Luasan Panen Padi Food Estate Kapuas Capai 9.720 Hektare

KAPUAS - Para Petani Di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Kini Mulai Memanen Padi Di Lokasi Food Estate. Panen Padi Dalam Program Ketahanan Pangan Nasional Ini, Untuk Kabupaten Kapuas Telah Menghasilkan 32.220 Ton.

Pemerintah Pusat Telah Menetapkan Kabupaten Kapuas Masuk Dalam Program Ketahanan Pangan Nasional Food Estate, Dengan Luas Lahan Dua Puluh Ribu Hektare, Yang Tersebar Di Sebelas Kecamatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Aswan Mengatakan, Dari Dua Puluh Ribu Hektare Lahan Food Estate Di Kapuas, Berdasarkan Data Realisasi Per Tanggal 21 Juni 2021, Tercatat Untuk Realisasi Olah Tanah Telah Mencapai 19.941 Hektare Atau 99,71 Persen.

Kemudian Untuk Realisasi Tanam Telah Mencapai 19.330 Hektare Atau 96,65 Persen, Sedangkan Untuk Realisasi Panen Sudah Mencapai 9.720 Hektare Atau 48,60 Persen, Dan Telah Menghasilkan Padi 32.220 Ton.

Disebutkan Aswan, Hanya Tersisa 670 Hektare Lahan Yang Belum Bisa Ditanami, Yaitu Tepatnya Di Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup. Hal Ini Ungkap Aswan, Dikarenakan Terkendala Lahan Pertanian Di Desa Tersebut Merupakan Lahan Rawa Yang Labil/ Sehingga Olah Lahan Harus Dilakukan Berulang Kali.

Begitupun Tata Kelola Atau Saluran Air Di Kecamatan Dadahup Tersebut Belum Maksimal, Ketika Musim Hujan Lahan Akan Banjir, Dan Musim Kemarau Akan Kekeringan.

Namun Demikian Tambah Aswan, Informasi Terakhir Pihak Kementerian Pekerjaan Umum, Tahun Ini Akan Membangun Pintu-Pntu Air Di Lokasi Pertanian Desa Bentuk Jaya Tersebut. Sehingga Dengan Begitu, Diharapkan Normalisasi Saluran Air Dapat Kembali Lancar, Maka Percepatan Tanam Food Estate Pun Dapat Segerea Diselesaikan.

 

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments