Kalteng

Masuki Musim Tanam Dinas Terkait Diminta Bantu Petani Tata Lahan

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto, berharap pada dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan agar dapat merencanakan program pertanian dengan matang pada tahun ini.

Apa lagi saat ini para petani padi di Kabupaten Seruyan telah memasuki musim tanam, hendaknya keterlibatan pemerintah bisa membantu para petani dalam menata dan pengelolaan lahan pertanian mereka terutama, tata kelola saluran irigasi yang sangat penting bagi keberhasilan pertanian mereka.

"Jadi kami berharap pada dinas terkait, terutama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bisa melakukan perencanaan yang matang dalam mengelola pertanian di Kabupaten Seruyan ini, sebab pertanian merupakan salah satu program unggulan di Kabupaten Seruyan, terutama pada petani padi, ujarnya, Senin (03/01/2022).

Tujuannya, agar mampu meningkatkan hasil dari pertanian terutama petani padi, apalagi semenjak terjadinya pandemi Covid-19 pemerintah pusat dengan gencar-gencarnya melakukan program peningkatan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan nasional, guna meningkatkan perekonomian negara.

"Saya berharap, agar program perencanaan pada pertanian bisa dilakukan, jangan asal-asalan, seperti cetak sawah, perbaikan saluran irigasi, dan pemeberian bantual alat mesin pertanian (Alsintan) harus terencana dengan maksimal guna mencapai tujuan yang kita ingin kan," ujarnya.

Dia berharap agar program yang di keluarkan harus berkesinambungan, baik pemerintah dan petani harus berkerja sama terutama program yang dilakukan pemerintah harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan petani, hingga bisa bersinergi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi di Kabupaten Seruyan ini lahan pertanian masih terhampar luas dan sangat potensial untuk dikembangkan.

"Kami pun berharap pada masyarakat agar bisa bekerja sama dengan pemerintah, jangan pemerintah sudah maksimal petaninya masih tidak maksimal tentu hasilnya tetap tidak memuaskan, harus ada sinergi petani dan pemerintah  saling mendukung demi mencapai hasil yang maksimal, setiap perencanaan yang sudah disetujui agar bisa dikerjakan secara bersama sama, guna peningkatan hasil pertanian di Seruyan ini," pungkasnya.

(Gita/Altius) 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments