Kapuas

Mempersiapkan SDM yang kompeten SMK Maharati Gelar Wisuda Perdana

KAPUAS - SMK Maharati merayakan wisuda perdana yang sukses meluluskan 54 siswa-siswi dari jurusan Teknik Alat Berat dan Multimedia. Acara tersebut berlangsung meriah di Desa Buhut Jaya, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Hendra Hutahean, selaku Presiden Direktur Pamapersada Nusantara dan Tuah Turangga Agung, hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara ini yang memberikan pidato inspiratif kepada para lulusan. Dalam pidatonya, Hendra Hutahean menekankan, pentingnya pendidikan sebagai investasi jangka panjang untuk kesuksesan karir dan kehidupan pribadi.

Pendirian SMK Maharati pada tahun 2021 adalah bagian dari program akselerasi peningkatan kualitas pendidikan di area MCIP Kalimantan Tengah. SMK ini didirikan oleh PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung melalui Yayasan Bina Haratifama, dengan dukungan dari PT ABB, PT SMM, PT TOP, PT KPP, PT EPN, PT UT.

Visi SMK Maharati adalah menjadi sekolah yang kompeten secara profesional dan cakap dalam karakter, yang tercermin dalam 10 nilai inti: religius, nasionalisme, disiplin, berintegritas, pantang menyerah, respect, problem solver, leadership, cinta alam, dan produktif.

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja, melanjutkan pendidikan, atau berwirausaha, SMK Maharati melaksanakan program pre-graduation yang terdiri dari empat tahapan: pemetaan dan profil siswa, pembekalan akademis dan karakter, serapan BMW (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha), dan acara wisuda. Hasilnya, dari 54 lulusan, 38 siswa telah terserap dalam dunia kerja, 14 siswa melanjutkan pendidikan, dan 2 siswa siap untuk berwirausaha.

Peran serta perusahaan dalam pengembangan SMK Maharati mendapat dukungan dari pemerintah, dinas pendidikan, serta masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola sumber daya.

Acara wisuda ini tidak hanya menjadi momen bersejarah bagi SMK Maharati, tetapi juga menunjukkan komitmen kuat berbagai pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments