Kapuas

Total Serapan BMW SMK Maharati Mencapai 100%

KAPUAS - Yayasan Bina Harati Pama mengadakan acara wisuda perdana yang meluluskan 54 siswa dari jurusan Teknik Alat Berat dan Multimedia. Acara ini berlangsung meriah dan penuh haru yang dihadiri orang tua atau wali siswa - siswi kelas 12 guna mendampingi putra putri mereka.

Acara ini menandai tonggak sejarah penting bagi SMK Maharati yang didirikan sebagai bagian dari program akselerasi peningkatan kualitas pendidikan di area MCIP Kalimantan Tengah. Wisuda kali ini menjadi simbol semangat baru dan perubahan dalam mempersiapkan siswa menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Kepala Sekolah SMK Maharati, Ir. Aris Dianto, menyampaikan kebanggaannya terhadap para lulusan. Kegiatan wisuda SMK Maharati sudah ditunggu-tunggu dan dirindukan oleh peserta didik kelas 12 dimana hari yang bersejarah sebagai simbol semangat baru dan perubahan, khususnya dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan support dan kontribusi sehingga SMK Maharati bisa menjadi sekolah unggulan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di area MCIP.

Ir. Aris Dianto juga menjelaskan bahwa dari 54 lulusan, sebanyak 38 siswa telah terserap dalam dunia kerja, 14 siswa melanjutkan pendidikan, dan 2 siswa siap berwirausaha. Dengan rincian, yang bekerja 70% sebanyak 38 peserta didik, melanjutkan kuliah 26% sebanyak 14 peserta didik, dan wirausaha dua orang atau 4%. dan total serapan BMW( Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha) mencapai 100%.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disdik Kapuas, Drs. Aswan M.Si, juga memberikan sambutan yang mengapresiasi pencapaian smk maharati. Ia menyebut Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik kegiatan ini, yang mana kelulusan angkatan pertama ini bisa ditindaklanjuti dengan tiga jalur: melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berwirausaha, dan bekerja di perusahaan-perusahaan. Ini adalah suatu hal yang positif yang berdampak pada peningkatan SDM di Kabupaten Kapuas.

SMK Maharati juga melaksanakan program pre-graduation yang terdiri dari empat tahapan: pemetaan dan profil siswa, pembekalan akademis dan karakter, serapan BMW (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha), dan acara wisuda. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja, melanjutkan pendidikan, atau berwirausaha. Kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola sumber daya.

Wisuda ini bukan hanya merupakan akhir dari proses pendidikan, tetapi juga awal dari perjalanan baru bagi para lulusan dalam menggapai masa depan yang lebih baik. Semoga langkah mereka selalu diberkahi dan membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat luas.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments