P. Raya

Mengatasi Inflasi Harus Adanya Kerjasama Antar Daerah

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi (Rakor)  Inpektur Daerah  seluruh Indonesia secara Virtual di Aula Jaya Tingang Kantor Gubernur Kalteng dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, selasa 24 Januari 2023 .

Tito menyampaikan arahan bapak presiden RI Joko Widodo yang menyatakan bahwa perekonomian di indonesia  sudah cukup baik di atas 5 persen di tri wulan akhir tahun 2022. Kita sangat bagus dibandingkan negara-negara lain yang jauh dibawah 5 persen.

Tidak banyak negara yang pertumbuhan ekonominya di atas 5 persen Inflasi nasional masih relatif terkendali yaitu 5, 51 persen di akhir tahun.  
Sebelumnya Inflasi bulan september  5,8 persen, bulan oktober 5,7 persen, Nopember 5,44 Persen dan Desember 5,5 persen.

“Tahun ini BPS akan menambah 60 kabupaten sehingga ada 160 Kabupaten/Kota yang nantinya jadi sampel untuk inflasi angka Nasional,”  ucap Tito.

Ditegaskan Mendagri, Pemerintah Daerah harus turun ke lapagan untuk melihat langsung kondisi di lapangan,  jangan hanya di belakang meja menerima laporan. Tetapi harus cek langsung benar atau tidak datanya.

Dalam wawancaranya dengan Media Wakil Gubernur mengatakan, Inflasi akan terus terjadi dan didominasi oleh komoditas beras. Di bulan maret dan april akan menghadapi bulan puasa dan Idul Fitri.  Sementara kenaikan harga di bulan Januari ini terjadi karena menghadapi Imlek. Ini yang perlu dijaga. Mengantisipasi 3 bulan ke depan ada juga langkah-langkah yang harus diambil,  misal menghadapi panen di Bulan Maret dan April .

“Sehingga harus mempersiapkan penguatan cadangan pangan Pemerintah Daerah untuk stabilitas harga di daerah,  termasuk salah satunya menentukan penetapan harga pemerintah Daerah,”  ucap Wagub .

Lebih lanjut wagub menekankan harus adanya kerja sama antar daerah untuk memasti-kan ketersediaan stok pangan aman.  “Kita juga akan bekerja sama di lapangan baik dengan TNI,  POLRI, Satgas Pangan, dalam rangka menjaga stabilitas harga. Kita harus tetap melaksanakan gerakan Pasar penyimbang pasar murah.  Operasi pa-sar,  terutama menghadapi Bulan Ramadhan dan  Idul Fitri dengan kerjasama yang baik.  insya Allah penanganan inflasi di kalteng bisa terjaga,” kata wagub.

Ikutserta dalam kegiatan virtual tersebut  Unsur Forkopimda,  Plh sekretaris daerah ( Setda) Propinsi kalteng Leonard S. Ampung, kepala Instalasi  vertikal dan kepala Perangkat daerah Propinsi kalteng hadir secara virtual jaksa Agung H.  Sanitiar Burhanudin, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan undangan Lainnya .

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments