P. Raya

Pengawasan Jajanan Anak Di Sekolah Dari Bahan Kimia Makanan

PALANGKA RAYA - -Badan Pengawasan Dan makanan (BPOM).Propinsi Kalimantan tengah , BPOM akan melaksakan program. Prioritas Nasional terkait Pengawalan terhadap. Jajanan Anak sekolah yang aman dimakan.

Kepala.BPOM Propinsi Kalteng Safriansyah mengatakan, keterbatasan SDM yang di miliki BPOM , maka pengawalan Program Jajan program sekolah ini melalui pembinaan kepada komunitas sekolah, Guru,  UKS dan tim pangan di sekolah.

Ditemui di kantornya Kepala BPOM Safriansyah menyampaikan,  telah melakukan sosialisasi informasi terkait penyediaan pengelolaan jajanan yang aman melalui penyajian yang Aman. Kemudian juga melakukan pelatihan untuk mengenal bahan-bahan pangan yang dilarang yang ada di dalam bahan makanan, dengan menggu-nakan reaksi tes Kimia.  Program ini nantinya akan terus dimonitoring dan di awasi.  Pihaknya juga akan terus berkomunikasi dengan pihak Sekolah.

Jika ditemukan penjaja makanan baru yang mereka curigai, maka pihaknya akan melakukan pengujian. Itu termasuk pedagang yang keliling yang di curigai membawa makanan dengan warna yang mencolok.  “Sebab hal itu mengindikasikan adanya penggunaan pewarna tekstil dan pengawet " tegasnya.

Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar di lingkungan sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah.  Begitu juga dengan praktik keamanan pangan pengelola di kantin sekolah dan penjaja pangan di sekitar lingkungan sekolah. Diperlukan  kesada-ran  memilih pangan dari komunitas sekolah serta pengawasan dan pembinaan aktif.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments