P. Raya

Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng Dalam Mengatasi Kemiskinan

PALANGKA RAYA - Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng, dengan Tema "Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkelanjutan (Growth Green ) Melalui Investasi Dan Infrastruktur yang dilaksanakan secara daring dan luring, bertempat di Kantor Gubernur Provinsi  Kalteng Di Aula Jaya Tingang, Kamis (13/4/2023).

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan pembangunan Kalteng tahun 2024 mengacu pada arah, Kebijakan Pembangunan Provinsi Kalteng yang telah di tetapkan dalam RPJMD 2021-2026.

Ekonomi di Kalteng di tahun 2022 tumbuh 6,45 persen, yang didorong oleh perbaikan harga komoditas batu bara dan peningkatan aktifitas ekonomi regional , Nasional dan Global sejalan meningkatnya mobilitas paska penanganan dan pengendalian Covid-19.

Ditambahkan Edy capaian makro pembangunan Kalteng lainnya adalah tingkat kemiskinan Kalteng sebesar 5, 28 persen,  lebih rendah dari capaian Nasional yakni 9,57 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71, 63  Ratio sebesar 0,319, lebih rendah dibandingkan capaian nasional 0,381, dan tingkat pengangguran terbuka 4,26 persen,  lebih rendah dari pada capaian nasional sebesar 5, 86 persen.

"Meski banyak capaian Pembangunan di Provinsi Kalteng namum penyelesaian stunting di Kalteng masih berada di angka 26,9 persen,  di atas angka stunting nasional 26,1 persen, hal ini harus menjadi perhatian kita semua,” kata Edy.

Edy meminta kepada Bupati/Walikota mendorong peningkatan investasi di daerah masing masing untuk perluasan lapangan kerja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan.

“Saya juga meminta perangkat daerah terkait yang bertugas di bidang perizinan agar menghindari proses perijinan yang berbelit belit, dan seluruh pemangku kepentingan agar meningkatkan inovasi untuk mendukung perkembangan dan pembangunan di provinsi Kalteng,” jelas Edy.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang, Plt. Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN Bappenas R. Anang Nugroho Setyo Moejiono, Stah Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Made Arya Wijaya, Wakil Ketua DPRD 1 Provinsi Kalteng Abdul Razak, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Serta Bupati/wali kota se-Kalteng,  beserta Jajarannya. Hadir Secara Virtual Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng.

(Era suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments