P. Raya

Operasi Katarak Gratis Di Klinik Mata Isen Mulang

PALANGKA RAYA - Operasi Katarak Gratis untuk Masyarakat Kabupaten Gunung Mas, diselenggarakan di Klinik Mata Isen Mulang, Jumat (15/3/2024). 

Sekda H. Nuryakin mengatakan kegiatan pelayanan sosial operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan positif yang berdampak langsung bagi masyarakat. Kegiatan ini selain dapat meringankan beban masyarakat khususnya penderita katarak juga sebagai bagian penting dalam mempromosikan kegiatan–kegiatan kemanusiaan dari PMI.

Sekda berharap kegiatan operasi katarak seperti ini dapat terus diperluas dengan kegiatan–kegiatan positif lainnya ke depan dan menjadi contoh kolaborasi lintas sektor untuk membantu masyarakat. 

“Kegiatan sosial yang melibatkan berbagai unsur dari PMI dan mitra menjadi salah satu upaya nyata kontribusi kita semua agar dapat berdampak bagi masyarakat sekitar dalam meringankan beban bagi yang membutuhkan,"jelasnya.

Lebih lanjut, Sekda mengingatkan kepada masyarakat Kalteng agar waspada terhadap ancaman banjir di musim penghujan yang terjadi saat ini. 

Sekda berharap kita semua harus senantiasa mawas diri, menjaga lingkungan sekitar dan mengoptimalkan gotong royong. Kepada PMI Provinsi, PMI Kabupaten/Kota juga diimbau untuk terus waspada dan dapat segera memberikan layanan-layanan sosial jika dirasa diperlukan bagi masyarakat sekitar kita. 

Selanjutnya, Pimpinan Klinik Mata Isen Mulang Lucy Meylani Elizabeth Pakpahan mengatakan angka kebutaan akibat katarak masih merupakan penyebab tertinggi di Indonesia. 

“Penanggulangan penglihatan merupakan salah satu program kesehatan yang menjadi perhatian Pemerintah. Oleh karena itu penanganan harus difokuskan untuk penderita katarak dengan membuka akses bagi penderita untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Waltiana menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin dan rentan dalam menjalankan aktifitas kesehariannya.

"Tujuan lainnya adalah untuk menyediakan akses pengobatan katarak untuk masyarakat miskin dan rentan yang ada di Kabupaten Gunung Mas," tuturnya.

Kegiatan bakti sosial ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalteng sebesar 150 juta rupiah dan Bank Kalteng sebesar 50 juta rupiah. 

Sebagai informasi, kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan selama empat hari, yakni pada tanggal 14 Maret dilakukan screening awal, tanggal 15-16 Maret dilakukan operasi, dan tanggal 17 Maret dilakukan follow up. 

Kegiatan dihadiri oleh, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L. P Umbing yang juga selaku Ketua PMI Kabupaten Gunung Mas, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang KSDM Suhaemi, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas terkait, Pimpinan Divisi Corporate Secretary PT. Bank Kalteng Rahmawati, Pimpinan Cabang Bank Kalteng Kuala Kurun/mewakili, dan Ketua GAPKI Cabang Kalteng/mewakili Tengah.

 

(Era suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments