Kalteng

Optimalkan Pemanfaatan Food Estate

Foto: MMC
TINJAU LOKASI FOOD ESTATE - Presiden RI Joko Widodo saat meninjau lokasi Food Estate di Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau pada Juli lalu. 

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyebut pengelolaan lahan untuk food estate seluas 30 ribu hektare telah dilakukan, dan mulai penanaman ditargetkan akan berlangsung pada September ini. Selain tanaman pangan, penanaman tanaman holtikultura lain juga akan dilakukan pada lahan tersebut.
“Program ketahanan pangan atau food estate menjadi salah satu peluang bagi Kalteng untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Tentu hal itu harus dioptimalkan secara baik, dengan tidak hanya memanfaatkan tanaman pangan melainkan hal lainnya, seperti peternakan dan perikanan, kata Sugianto, belum lama ini.
Ia  menambahkan, saluran irigasi yang ada saat ini dapat dioptimalkan untuk dijadikan sarana pengembangan peternakan dan perikanan. Diharapkan dengan pemanfaatan lahan food estate tersebut, kesejahteraan masyarakat tak hanya meningkat namun bisa berlipat ganda.
Dalam mendukung sekaligus membangun program ketahanan pangan di Kalteng ini, diperlukan sinergi yang berkelanjutan antara pemerinta pusat dan daerah. Pengelolaan masyarakat dan mode pertanian untuk capaian peningkatan pembangunan harus bisa dilakukan secara baik dan tepat sehingga bisa membantu masyarakat khususnya di Kapuas dan Pulang Pisau, ucapnya.
Selain itu, ia pun merasa yakin dan optimis bahwa program food estate di Kalteng ini dapat berhasil setelah beberapa respon positif yang didapat saat kunjungan beberapa menteri sampai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengecek langsung persiapaan pembangunan percepatan pembangunan sarana dan prasarana di lapangan.

(MMC/JJ)
 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments