P. Raya

Pendamping Desa Harus Dukung Program Pemerintah

FOTO: PEMPROV KALTENG
ARAHAN - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir untuk membuka sekaligus memberikan arahan pada Rapat Kerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Se-Kalimantan Tengah Tahun 2020 Angkatan IV di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Jumat (25/9).

PALANGKA RAYA, PPOST - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengingatkan para pendamping desa kabupaten/kota dalam melaksanakan tugas pendampingan di lapangan, dapat bersinergi dan saling mendukung program-program pemerintah daerah yang mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menYejahterakan seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kalteng.
“Para tenaga pendamping desa merupakan salah satu instrumen penting, dan garda terdepan didalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan desa,” kata Sugianto Sabran.
Ia menyebut keberadaan para pendamping desa yang bertugas di lapangan yang tersebar di 13 kabupaten, 136 kecamatan dan 1.432 desa yang ada di seluruh wilayah Kalteng, merupakan modal dan kekuatan besar dalam melaksanakan pembangunan.
Sugianto mengatakan, aktivitas para pendamping desa yang setiap hari berbaur dan mendampingi masyarakat dan aparatur desa, menjadi sangat strategis di dalam mempercepat akselerasi pelaksanaan pembangunan di Kalteng.
Saya mengajak kepada seluruh tenaga pendamping profesinal dan peserta lintas SOPD diseluruh wilayah Kalteng, untuk terus berkarya berupaya semaksimal mungkin, meningkatkan kinerja dan peran serta didalam mendukung dan mengisi pelaksanaan pembangunan di daerah ini, tuturnya.
Gubernur menyebut tidak mau lagi kedepannya ada desa yang tertinggal. Semua menjadi desa yang mandiri semua. 
Pemprov Kalteng berkomitmen untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur di Kalteng. Pembangunan dialokasikan pada infrastruktur jalan, jembatan, dan pertanian karena sektor pertanian menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di daerah yang harus ditopang dengan baik.
Selain itu mutu pelayanan kesehatan yang baik menjadi salah satu sektor vital penunjang pembangunan, yang wajib jadi perhatian seluruh unsur. Pasalnya hingga kini, masih terdapat sejumlah masyarakat di pelosok daerah yang harus menempuh jarak yang jauh, hanya untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.
“Pemprov Kalteng melalui beberapa perangkat daerah terkait juga terkonsentrasi terhadap pemulihan berbagai bidang, yaitu ekonomi, kesehatan, ketahanan pangan, pengamanan protokol kesehatan serta infrastruktur desa,” ucapnya.
Sugianto menekankan, program pemerintah yang masuk ke desa mampu mendorong sektor yang ada di desa. Seperti produk unggulan desa yang harus terus dikembangkan, seperti anyaman rotan di Desa Lampeong Kabupaten Barito Utara, kerajinan getah nyatu di Kabupaten Kapuas, serta olahan hasil laut di daerah Seruyan, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur.
“Saya juga minta kepala desa agar mengembangkan potensi-potensi alam di wilayahnya masing. Kalteng dianugerahi berbagai sumber daya alam yang melimpah yang harus dikelola dan dikembangkan dengan baik.

(PEMPROV/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments