Kalteng

Optimalkan Pendapatan Daerah, DPRD Mura Tekankan Fokus pada Pendapatan Asli Daerah

PURUK CAHU,–  Pentingnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya untuk tidak hanya mengandalkan Dana Bagi Hasil (DBH) dari pemerintah pusat, melainkan juga memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya

Johansyah, anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Mura, menyuarakan harapannya agar Pemkab lebih memfokuskan perhatian pada PAD, dengan tujuan meningkatkan keuangan daerah dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selasa 24/20/2023, ia mengatakan, "Dalam hal ini Kami mengharapkan agar sumbangan dari sektor PAD dapat terus meningkat setiap tahunnya. Intinya, diperlukan fokus dalam peningkatan PAD nantinya," ujarnya lugas.

Menurutnya, beberapa potensi PAD masih belum dimaksimalkan karena terkendala ketiadaan Peraturan Daerah (Perda). "Sampai sekarang, ada beberapa sektor yang tidak bisa dimaksimalkan karena tidak ada Perda. Pemda seharusnya dapat memetakan sektor mana yang belum memiliki Perda dan mengusulkan rancangan Perda ke DPRD secepatnya," ujarnya.

Johansyah menambahkan bahwa pemanfaatan maksimal sumber PAD akan berdampak positif pada pendapatan daerah, yang selanjutnya akan membawa implikasi pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kearah yang lebih baik kedepannya.

(Ady Natha)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments