Kalteng

Pantau Minat Literasi pada anak ujar Legislator Mura

PURUK CAHU – Tuti Marheni sebagai Ketua Komisi I DPRD Murung Raya mengingatkan agar para orang tua yang memiliki anak usia sekolah untuk kembali membiasakan anak-anaknya gemar membaca buku tidak hanya menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget, ujarnya.

Apalagi setelah terjadinya pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini hampir seluruh aktifitas sekolah harus diliburkan dan menerapkan sistem pembelajaran secara online, maka budaya literasi atau membaca semakin rendah dan nyaris terlupakan.

Tuti Marheni juga mengatakan “ Butuh perhatian serius bagi kita, karena anak-anak sekolah saat ini lebih gemar bermain gadget daripada membaca buku dan belajar,” ucapnya saat ditemui awak media, Rabu (27/7/2022).

Kondisi saat ini cukup dilematis, karena belajar secara online mengharuskan mereka aktif menggunakan gadget untuk belajar. Namun negatifnya, kadang anak-anak lupa waktu dengan gadget dan lupa belajar dengan semestinya.

Disini peranan orang tua sangat penting dalam mengawasi dan membatasi penggunaan gadget bagi anak bahkan alangkah baiknya Kembali membiasakan anak dengan kebiasaan membaca buku.

Walaupun dia tidak menapik  “terkadang serba salah, pasalnya orang tua juga tidak bisa melarang sepenuhnya, mengingat situasi kini yang menuntut anak didik untuk belajar menggunakan gadget sebagai bahan pembelajaran akibat dampak covid-19 yang mengharuskan anak anak belajat secara online atau daring,” tutupnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments