P. Raya

Patra Craft, Usaha Kerajinan Kayu Yang Tak Pudar Oleh Pandemi

PALANGKA RAYA  - Pandemi covid-19 tidak hanya dapat menghilang nyawa melainkan juga dapat menghilangkan kesempatan masyarakat dalam berwirausaha baik yang baru merintis maupun yang sudah lama berdiri. Namun tesis tersebut nyatanya dapat dipatahkan oleh usaha kerajinan kayu, patra craft. Pendapatan tahunan mereka dari sebelum pandemi covid 19 hingga sekarang masih meningkat pesat.

Patra Craft, adalah Toko yang menjual berbagai macam  Suvenir dan Ornamen Dayak Khas Kalimantan Tengah yang meliputi ukiran Talawang, ukiran Kaligrafi, Kursi hingga perabotan rumah lainnya. Produk Produk di Patra Craft juga dijual dengan Harga yang beragam, dimulai dari Harga Rp.10.000 Hingga 3,5 Juta Rupiah.

Patra Craft sendiri tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah setempat. Pemerintah kota Palangka Raya memberikan pembinaan secara rutin untuk usaha masyarakat yang satu ini.

Usaha Kerajinan Kayu yang terletak di jalan RTA Milono KM 4,5 Kota Palangkaraya ini, kedepannya akan membuka cabang di sejumlah kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Selain menyediakan dan menjual kerajinan kayu, Patra Craft juga membuka pemesanan bagi konsumen yang ingin memesan sebuah kerajinan kayu yang sesuai selera pemesan meliputi ukiran atau bentuk secara keseluruhan.

Erlangga Shieldo Elia atau yang akrab dipanggil Angga selaku bagian marketing Patra Craft mengatakan terlepas dari dampak pendemi covid 19 yang pada umumnya merugikan para pelaku usaha disegala bidang, Toko yang dibuka sejak 2017 ini pendapatannya justru makin meningkat. Pada tahun tahun sebelum pandemi omzet tahunan yang didapat hanya 80 juta rupiah sedangkan terhitung dari 2019-2021 pendapatan yang diraih sudah menyentuh angka ratusan juta rupiah. Itu pun diluar dari pendapatan hasil pemesanan.

(Hary Reymondo)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments