Kapuas

KKN Di Sei Pasah Kapuas, Mahasiswa Unpar Dilatih Mengubin Padi

KAPUAS - Sejumlah mahasiswa universitas palangkara atau unpar, Provinsi Kalimantan Tengah yang melaksanakan kuliah kerja nyata atau KKN Di Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas,dilatih cara melakukan ubinan padi.

Sejumlah mahasiswa kuliah kerja nyata atau kkn universitas palangkaraya mengikuti pelatihan cara melakukan ubinan padi yang berlangsung di lahan kelompok tani maju bersama, Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Pelatihan didampingi langsung oleh Lurah Sei Pasha, Bundal dengan mendatangkan tenaga pelatih dari petugas ppl pertanian setempat. Dian Yossie Hetson, salah satu mahasiswa kkn unpar, mengaku senang mengikuti pelatihan ini dengan harapan mereka dapat mengetahui tentang cara-cara pengubinan padi di sawah.

Sementara itu petugas PPL Pertanian Kelurahan Sei Pasah, Mahendra, mengatakan  ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil tanaman padi yang akan didapat pada saat panen.

Pengubinan dilakukan untuk menentukan perkiraaan atau estimasi hasil panen padi per hektarnya. Adapun peralatan yang diperlukan untuk pengubinan terdiri dari kayu untuk patok, tali, meteran, alat panen padi dan timbangan untuk mengetahui berat padi yang di panen pada saat pengubinan.

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments