Kalteng

Pelajar & Mahasiswa Dibekali Ilmu Perawatan Sapundu

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui Unit Pelaksana Teknis Museum Balanga Kota Palangka Raya menggelar kegiatan pengenalan dan cara perawatan Sapundu atau Patung Ukir bernilai sakral umat Kaharingan di auditorium UPT Museum Balanga.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh perwakilan pelajar tingkat SMP, SMA dan sejumlah Mahasiswa yang ada di kota Palangka Raya.

Selama kegiatan berlangsung para peserta kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan, mengecek suhu tubuh dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk, mengatur jarak tempat duduk dan tetap menggunakan masker di dalam ruangan selama kegiatan berlangsung.

Selain memberikan materi dan praktik perawatan Sapundu atau Patung Ukir bernilai sakral umat Kaharingan program ini juga sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan barang dan benda-benda bersejarah yang ada di Museum Balanga sebagai salah satu benda khas Dayak Kalteng.

Dihadirkannya sejumlah pelajar dan mahasiswa dalam kegiatan tersebut untuk diberikan pengetahuan seputar sejarah, riwayat dan asal-usul benda yang memiliki nilai budaya dan kearifan lokal dan diberikan kesempatan secara langsung untuk praktik membersihkan salah satu Sapundu yang tersimpan di Museum Balanga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah ini juga berharap melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap benda-benda warisan budaya Kalteng

(OA)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments