P. Raya

Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng HDarliansjah menjadi Mentor bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dislutkan Prov. Kalteng yang mengikuti Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator melalui aplikasi zoom meeting, dari Ruang Rapat Kepala Dislutkan Prov. Kalteng PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng HDarliansjah menjadi Mentor bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dislutkan Prov. Kalteng yang mengikuti Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator melalui aplikasi zoom meeting, dari Ruang Rapat Kepala Dislutkan Prov. Kalteng.

Seminar yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng ini merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024. Pelatihan ini diikuti oleh Sekretaris Dislutkan Prov. Kalteng Nita Fera dan Kepala UPT. Pelabuhan Perikanan Kumai Aminudin. Hadir sebagai Penguji adalah Kepala BPSDM Prov. Kalteng Rahmawati dan sebagai Coach yaitu Norliani.

Dalam kegiatan ini, dilakukan presentasi oleh peserta terhadap inovasi yang dilakukan dalam mendukung perubahan kinerja organisasi. Presentasi yang disampaikan berupa Laporan Implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi.

Pada kesempatan tersebut, Nita Fera mempresentasikan tentang Efektifitas Pelaporan “SIM-IKAN” Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, sedangkan Aminudin menyampaikan presentasi tentang Pengembangan Data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan Melalui Sistem Informasi Pelabuhan Perikanan Kumai “SIAP KU”.

Menanggapi presentasi yang telah disampaikan, Kepala Dislutkan Darliansjah sebagai Mentor mengapresiasi atas aksi perubahan yang telah dibuat oleh kedua Reformer dari Dislutkan ini, karena aksi perubahan yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan dan fungsi Dislutkan yang dilihat dari aksi jangka pendek, menengah dan panjangnya sudah sangat terukur dan dapat diimplementasikan.

“Saya pun mengapresiasi karena aksi perubahan yang dibuat ini merupakan terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kinerja, baik selaku Sekretaris Dinas maupun selaku Kepala UPT, dan tentunya akan meningkatkan kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah,” beber Darliansjah.

Lebih lanjut, Darliansjah menyampaikan bahwa aksi perubahan yang dibuat oleh Sekretaris Dislutkan Nita Fera sangat berpengaruh pada akuntabilitas dari pelaporan dan sangat berpengaruh dalam upaya pengendalian penyerapan dengan sebaik-baiknya, dan memberikan informasi dalam perumusan pengambilan keputusan untuk mempertajam pelaksanaan program dan kegiatan. Sedangkan pada aksi perubahan yang dibuat oleh Kepala UPT PP Kumai Aminudin, ia berpendapat karena fungsi dari UPTD adalah langsung bersentuhan dengan binaan terutama nelayan jadi data informasi melalui aplikasi SIAP KU sangat bermanfaat untuk nelayan dan pemangku kepentingan, serta sangat bermanfaat dalam melakukan upaya peningkatan produksi perikanan setiap tahunnya.

Kepala Dislutkan Darliansjah pun menyampaikan dukungannya agar aksi perubahan yang dibuat ini dapat diimplementasikan, sehingga efektifitas pelayanan maupun kinerja dapat dilaksanakan seefektif mungkin. Ia pun menegaskan bahwa sebagai Kepala Dislutkan Prov. Kalteng yang menjadi Pimpinan bagi kedua Reformer memastikan akan terus mendukung agar aksi perubahan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga di tahun 2025 aksi perubahan ini dapat mulai diimplementasikan dan akan selalu dievaluasi agar lebih sempurna pelaksanaannya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments