P. Raya

Pelatihan UKM Anyaman Rotan, Souvenir, Pengolahan Makanan dan Packaging

PALANGKA RAYA - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Murung Raya menggelar Pelatihan Anyaman Rotan, Pelatihan Souvenir, Pelatihan Pengolahan Makanan, dan Pelatihan Packaging, bertempat di Aula Dewan Adat Dayak (DAD), di Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Kamis (18/7/2024). 

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai upaya meningkatkan kualitas, daya tarik, dan daya saing produk lokal khas Kabupaten Murung Raya.

Pj. Bupati Murung Raya Hermon, membuka secara resmi Pelatihan Anyaman Rotan, Souvenir, Pengolahan Makanan dan Packaging dengan jumlah peserta 50 (lima puluh) orang untuk masing-masing pelatihan yang berasal dari wilayah Kabupaten Murung Raya.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Murung Raya menyampaikan,  terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yang telah mengadakan kegiatan pelatihan di Kabupaten Murung Raya, dan mendukung kegiatan pelatihan agar bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Kabupaten Murung Raya memiliki banyak potensi sumber daya yang dapat dikembangkan untuk memajukan perindustrian, terdapat sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, bahan baku dengan kualitas bersaing dan lahan yang dapat diolah untuk menyediakan bahan baku produksi.

Lebih lanjut, Hermon mengimbau kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, berbekal dengan ilmu keterampilan yang didapat. Dengan harapan bisa menciptakan pelaku usaha yang hebat, cerdas dan kreatif.

Di tempat terpisah dalam kesempatan ini, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Rangga Lesmana mengatakan melalui pelatihan ini dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan dalam membuat Anyaman Rotan, Souvenir, Pengolahan Makanan dan Packaging, sehingga masyarakat dapat semakin mengenal corak khas, ikon dan cita rasa kuliner Kabupaten Murung Raya.

Dalam rangkaian kegiatan pelatihan ini juga dilakukan pendaftaran pelaku usaha IKM ke Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas), dimana sebagian besar sudah memiliki NIB dan NPWP tapi belum terdaftar pada SIINas,"tuturnya.

Adapun yang menjadi Instruktur pada 4 (empat) kegiatan pelatihan ini, yaitu Evrin Yuasius untuk Pelatihan Anyaman Rotan, Efriati Kambang  (Jawet Pahari Tunggal Palangka Raya) untuk Pelatihan Souvenir, Yuliatma untuk Pelatihan Pengolahan Makanan, dan  Anthony Syaloom untuk Pelatihan Packaging.

Kegiatan dihadiri oleh, pelatihan ini antara lain Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Sekretaris DAD Kabupaten Murung Raya, serta perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments