P. Raya

Pembukaan Jambore Usaha Mikro kecil Menengah UMKM 

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalteng  H. Edy Pratowo membuka secara resmi Jambore Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahun 2023, bertempat  di GOR Indoor Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Minggu (12/11/2023).

Dalam Sambutannya, Wagub H. Edy Pratowo menyampaikan Jambore UMKM ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi  Kalteng untuk mempertemukan antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya makin luas.

“Selaras dengan hal tersebut, peningkatan produksi dan produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah menjadi salah satu fokus yang harus dicapai sepanjang tahun, sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2021-2026”, kata Edy.

Lebih lanjut disampaikan, pemberdayaan sebanyak 121.458 UMKM di Provinsi Kalteng tentunya memerlukan kontribusi sinergis dari berbagai lembaga, seperti BUMN, perbankan, biro/agen jasa, dan lain-lain. 

"Sinergi antar lembaga ini diharapkan akan menuntun pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah, untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier effect (efek berganda), untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas dan go digital,"Jelasnya.

Sekda menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan akan dapat membantu para pelaku UMKM. Bukan hanya sebagai upaya promosi saja, namun juga memperluas kemitraan jaringan usaha. Untuk diketahui, kegiatan Jambore UMKM ini juga bertujuan untuk memberikan pencerahan motivasi usaha, untuk mendukung kesuksesan Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah, dengan mewujudkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI)."

"Gerakan BBI ini mencerminkan serangkaian upaya kita dalam memajukan bangsa, dengan mencintai produk lokal dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Gerakan BBI Produk lokal harus digalakkan lebih masif, sehingga gairah masyarakat membeli produk lokal kian bangkit, dan tentu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat,"Tuturnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber diantaranya dari Otoritas Jasa Keuangan Provinsi  Kalteng, PT. Bank Kalteng, BPJS Ketengakerjaan Wilayah Kalteng, serta Ibnu Elmi AS. Pelu selaku Motivator.

Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Pj. Bupati/ Walikota di Wilayah Tengah atau yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di lingkup Provinsi Kalteng, Pimpinan Perbankan Provinsi Kalteng serta Para Tokoh dan Praktisi.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments