Katingan

Pemda Katingan Salurkan Tali Asih

KATINGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Sosial, menyerahkan tali asih kepada TT. Suan. Dikatakan Bupati Katingan Sakariyas, pemberian tali asih kepada TT Suan, karena dianggap sebagai tokoh atau pejuang dari Katingan.

“Beliau merupakan salah satu tokoh atau pejuang dari Katingan yang masih hidup hingga saat ini, sehingga selayaknya atas nama pemerintah dan masyarakat Katingan, menyerahkan tali asih,” Ungkap Bupati Sakariyas, saat mendatangi kediaman TT Suan di Palangkaraya, Rabu (01/02/2023).

Lebih lanjut kata Sakariyas, TT Suan merupakan salah satu wartawan senior yang dapat menceritakan bagaimana perjuangan yang di Katingan.

“Beliau ini dapat menceritakan bagaimana masa-masa perjuangan bangsa Indonesia khususnya situasi dan kondisi yang ada di Katingan,” Katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Elmon Sianturi menuturkan, pemberian tali asih kepada tokoh-tokoh dan pejuang yang ada di Katingan, diawali saat peresmian tugu Pahlawan Minum Dehen di Katingan Tengah Tumbang Samba, dimana Bupati meminta untuk melakukan pendataan terhadap tokoh-tokoh pejuang yang masih hidup untuk diberikan penghargaan.

“Jadi, dari sanalah muncul ide dari Pak Bupati, untuk memberikan penghargaan kepada pahlawan, tokoh-tokoh pejuang asal Katingan,” Tuturnya.

Kedepan, ungkap Elmon, Pemerintah Daerah menyiapkan Taman Makam Pahlawan (TMP) bagi pahlawan, tokoh-tokoh pejuang asal Katingan, untuk disatukan sehingga dapat dilakukan penghormatan setiap peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jadi ini harapan kedepan, kalau keluarga-keluarga mengijinkan, kami akan satukan di TMP,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments