Barut

Pemkab Barut Gelar Pelatihan Aplikasi Sistem keuangan Desa  2024

MUARA TEWEH - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa menggelar pelatihan aplikasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) bagi 93 Desa. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten III setda Barut Yaser Arafat dilaksanakan di Aula Bappedalitbang,Rabu (17/1/2204).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sekaligus ketua panitia pelatihan Suparmi A. Aspian, S.ST, MT, mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mensosialisasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang menjadi pedoman baru bagi pemerintah desa. 

Menurut Suparmi, Kegiatan pelatihan SISKEUDES di Barito Utara dirancang untuk memastikan pemahaman dan implementasi yang optimal terkait regulasi keuangan desa yang baru. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pengelola keuangan desa agar dapat menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien.

Asisten III Setda, H. Yaser Arafat, menyampaikan pelatihan ini sebagai langkah positif dalam mendukung kemajuan adminstrasi keuangan desa.

Yaser Arafat juga berharap agar seluruh aparatur desa agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan aplikasi SISKEUDES yang selalu diperbarui setiap tahunnya dengan versi terbaru.

Dengan bimbingan teknis ini lanjut Yaser Arafar,  diharapkan pengelolaan dan penatausahaan keuangan di desa dapat berjalan dengan baik, dan agar desa dapat mengoptimalkan pemanfaatan Siskudes, sehingga proses pengelolaan keuangan dapat berlangsung lebih efisien dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments