P. Pisau

Pemkab Diminta Perhatikan Pekebun Lokal

FOTO: GIYA/HUMA BETANG
Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - DPRD Seruyan berharap pemerintah daerah (Pemda) bisa memperhatikan keberadaan para petani atau pemilik kebun lokal yang ada di Kabupaten Seruyan. Utamanya, supaya mereka bisa bersaing demi meningkatkan penghasilan keluarga untu memenuhi ekonomi keluarga, karena sekarang banyak masyarakat yang mulai menggantungkan ekonomi keluarganya dengan usaha berkebun.

“Sebab sekarang ini masih banyak masyarakat Kabupaten Seruyan yang bermata pencaharian sebagai pekebun lokal demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga” ucap Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto, Jumat (18/06/2021).

Menurutnya, hal itu disebabkan wilayah Kabupaten Seruyan yang dekat dengan perusahaan perkebunan dan sumberdaya alam yang sangat mendukung menyebabkan masyarakat menjadikan perkebunan menjadi salah satu sumber usaha menjanjikan. Dengan begitu banyak masyarakat Seruyan yang menggantungkan hidupnya dengan cara mengelola kebunya.

“Kami anggota dewan mendorong agar para petani atau pekebun lokal bisa lebih diperhatikan dan dibantu, karena masih banyak masyarakat Seruyan yang memerlukan bantuan dari pemerintah untuk membantu meningkatkan usahanya,” jelasnya.

Selain itu, karena ketidakstabilan harga di lapangan, terkadang harga milik pekebun lokal masih di bawah ambang batas normal. Kondisi tersebutlah yang sangat menyulitkan para pekebun lokal untuk menambah penghasilanya.

“Maka dari itu, masalah-masalah seperti ini perlu di perhatikan dengan serius dan di bantu oleh pemerintah daerah demi meningkatkan hasil kebunya, serta segala macam usulan yang di minta masarakat baik itu bibit atau lain sebagainya,” pungkasnya.

 

(Giya/Altius Utama)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments