Kapuas

Pemkab Kapuas Gelar Ritual Adat Balian Dan Memapas Lewu Tahun 2023

KAPUAS - Memperingati hari jadi ke 217 kota Kuala Kapuas dan hari ulang tahun ke 72 Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2023, kembali digelar ritual adat balian dan mamapas lewu pada Jumat 17 Maret 2023.

Acara ritual adat balian dan mamapas lewu yang dilaksanakan pemerintah daerah kabupaten kapuas di balai basarah panampung penyang jalan melati kuala kapuas dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Pemerintahan Dan Hukum Setda Kapuas, Dokterandes Yunabut. 

Dokterandes Yunabut mengatakan, ritual adat balian dan memapas lewu ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke 217 kota kuala kapuas dan hari ulang tahun ke 72 pemerintah kabupaten kapuas tahun 2023. Ritual ini tentunya bermakna sangat dalam khususnya bagi masyarakat dayak ngaju kabupaten kapuas, tentunya untuk memohon kepada yang maha kuasa, sekaligus juga untuk memberikan bimbingan, perlindungan dan berkah  sehingga apa pun kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Kapuas bisa berjalan secara baik dan bisa memberikan manfaat dan hasil yang baik.

Sementara itu salah satu rohaniawan yakni sulatin, menjelaskan, ritual balian batahur sawut lewu artinya adalah harapan kepada ranying hatala langit atau tuhan yang maha esa dan beserta leluhur yang ada untuk melindungi masyarakat kabupaten kapuas agar terhindar dari masalah-masalah yang berat yang diluar dugaan atau kemampuan manusia.

Sedangkan ritual mampas lewu artinya adalah membersihkan dan mensucikan kampung halaman yang ada di kabupaten kapuas agar hal-hal yang sudah rusak dan sudah tidak baik lagi itu dihilangkan dan semoga yang bersisa itu adalah yang baik.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments