P. Pisau

Pemkab Pulpis Gelar Rakordal Pembangunan Triwulan IV Tahun Anggaran 2021

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) menggelar rapat koodinasi pengendalian (Rakordal) pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan IV Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bappedalitbang Pulpis, Selasa (11/01/2022) itu dipimpin langsung oleh Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang.

Dalam arahannya Bupati Pulpis menyebutkan Rakordal memiliki makna yang penting dan strategis.

"Momentum ini merupakan wahana yang tepat untuk merenungkan kilas balik perjalanan Kabupaten Pulang Pisau serta mengevaluasi hasil kerja di tahun 2021. Ini juga sebagai refleksi untuk melakukan penambahan fundamental, sehingga kedepan proses penyelenggaraan pemerintahan akan lebih kuat, terarah, optimal, efektif, dan efisien,” kata Taty, sapaan akrab Bupati Pulpis.

Orang nomor satu di Pulpis itu juga mengucap syukur karena tahun 2021 telah terlewati.

Dirinya juga mengepresiasi bagi semua pihak khususnya masyarakat Bumi Handep Hapakat yang mentaati protokol kesehatan (Prokes) dan mengikuti program pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19.

"Pandemi Covid-19 diwilayah kita sudah menurun di level 1, namun tetap jangan lengah, karena masih ada varian baru yakni omicron. Oleh karena itu Saya tetap meminta keseriusan kita, khususnya kepada Satgas untuk terus memberikan edukasi, informasi serta sosialisasi kepada masyarakat. Serta mewujudkan herd immunity dengan percepatan vaksinasi sesuai target,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Taty juga menyampaikan berdasarkan amanah undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Serta PP 39/ 2006 tentang tata pengendalian dan informasi pelaksanaan pembangunan.

Bahwa salah satu tahapan yang dilaksanakan adalah pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan yang bertujuan untuk menjamin agar program.

"Ya sebagai refleksi untuk melalukan fundamental, sehingga ke depan proses penyelenggaraan pemerintah akan lebih kuat, terarah, optimal, efektif dan efisien. Jadi, kita bersyukur tahun 2021 telah terlewati,” tambahnya.

Taty mengatakan bahwa Rakordal ini memiliki makna penting dan strategis. Karena, momentum tersebut merupakan kilas balik perjalanan Kabupaten Pulang Pisau serta mengevaluasi hasil kerja selama tahun 2021.

Ia menyebutkan, bahwa di tahun 2021 lalu, daerah mengalami keterlambatan proses realisasi yang disebabkan beberapa faktor, di antaranya penatausahaan keuangan adanya refocusing transfer ke daerah dan dana desa atau TKDD 2021 untuk penanganan Covid-19 yang diamanahkan pemerintah daerah perlu melakukan relokasi beberapa kegiatan prioritas.

"Triwulan IV per 31 Desember 2021 capaian realisasi sebesar 90,05 persen. Capaian tersebut melebihi target yang telah ditetapkan Pemda, yakni sebesar 85 persen," jelasnya.

Di akhir poin sambutannya, Bupati meminta di tahun 2022 ini lanjutkan pembangunan dengan penuh semangat untuk mewujudkan tema “Membangun” yang telah ditetapkan tahun 2022, yakni peningkatan penasaran produk unggulan agroindustri dan agrowisata yang berdaya saing dan selaras dengan kehidupan sosial serta budaya masyarakat.

Dirinya mengajak masyarakat bersama pemerintah daerah untuk tetap semangat bekerja keras dan ikhlas demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau sejahtera.

“Saya juga berpesan dan berharap setiap SOPD fokus melaksanakan tupoksi masing-masing. Artinya, saya mengajak kita saling bersinergi dan saling berkoordinasi,” tutupnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments